Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Koran Berlogo KPK Hoaks, Begini Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks koran KPK
Wanda Indana • 23 Oktober 2021 12:47
Beredar foto yang memperlihatkan surat kabar menggunakan logo KPK, Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia. Foto itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Agung Jepriansyahturut membagikan foto itu pada Selasa, 14 September 2021. Akun itu mengunggah sejumlah foto surat kabar, dua di antaranya memperlihatkan halaman muka berlogo KPK, yakni Koran Pengawas Korupsi dan Koran Pembasmi Korupsi.
 
Akun itu menambahkan narasi pada unggahan fotonya bertuliskan sebagai berikut:

"Selalu eksis demi eksistensi...
1. Koran Pengawas Korupsi
2. SKU Mercusuar
3. SKU Berita Korupsi
4. SKU Pewarta Se-Nusantara
5. Koran Pembasmi Korupsi"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Koran Berlogo KPK Hoaks, Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim KPK memiliki surat kabar adalah salah. Faktanya, informasi ini telah diklarifikasi pihak KPK.
 
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menegaskan pihaknya tidak pernah menerbitkan surat kabar.
 
"KPK sebagai lembaga negara memastikan tidak pernah menerbitkan surat kabar sebagai medium pemberitaan tentang pelaksanaan tugas dan isu pemberantasan korupsi," kata Ali kepada wartawan seperti dilansir Detik, Senin 18 Oktober 2021.
 
Pula, dilansir Medcom.id,Ali menjelaskan bahwa koran tersebut memang beredar dengan logo mirip persis dengan logo KPK menyebar di wilayah Jakarta. Surat kabar dengan logo KPK digunakan untuk melakukan pemerasan kepada pihak tertentu. KPK memang memiliki media sendiri bernama Majalah Integrito yang berbentuk cetak dan online untuk memberitakan kegiatan lembaga.
 
"Untuk menyampaikan kinerjanya kepada publik, KPK menerbitkan berbagai publikasi salah satunya adalah Majalah Integrito dalam bentuk cetak dan digital yang dapat diakses melalui https://www.kpk.go.id/id/integrito," ujarnya.
 
Selain itu, publik juga dapat mengakses berbagai informasi tentang KPK dengan mengunjungi website resmi www.kpk.go.id.Masyarakat diminta segera melaporkan ke call center 198 atau kepada aparat penegak hukum setempat jika menemui atau mengetahui adanya pihak yang mengaku pegawai KPK dan melakukan tindakan kriminal pemerasan dan sejenisnya.
 

[Cek Fakta] Koran Berlogo KPK Hoaks, Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim KPK memiliki surat kabar adalah salah. Faktanya, informasi ini telah diklarifikasi pihak KPK.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Koran Berlogo KPK Hoaks, Begini Faktanya
 
Referensi:
https://www.medcom.id/nasional/hukum/JKRWpwyN-koran-berlogo-mirip-kpk-beredar-diduga-jadi-alat-memeras
https://news.detik.com/berita/d-5772816/beredar-koran-berlogo-kpk-dengan-tujuan-pemerasan-ini-faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif