Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Cek Fakta] Beredar Video Menag Yaqut Cholil Qoumas Bilang Agama Islam Agama Pendatang? Cek Faktanya

Medcom Files Yaqut Cholil Qoumas Cek Fakta hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 15 November 2022 20:02
Beredar video yang menarasikan bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Islam sebagai agama pendatang. Video ini beredar di media sosial.
 
Kanal YouTube ini membagikan video tersebut bar-baru ini. Pada unggahannya, kanal YouTube ini menyertakan narasi sebagai berikut:
 
"Menteri Agama Yaqut Cholil Bilang Islam Agama Pendatang dari Tanah Arab."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Beredar Video Menag Yaqut Cholil Qoumas Bilang Agama Islam Agama Pendatang? Cek Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut Islam sebagai agama pendatang adalah salah. Faktanya, tersebut hasil suntingan.
 
Melalui reverse image, video yang beredar adalah penggalan pernyataan Menag Yaqut saat menjadi bintang tamu di podcast Deddy Corbuzier. Video utuhnya ada di kanal YouTube Deddy Corbuzier yang diunggah pada 2021 dengan judul "Apa Menteri Agama Harus Islam - Gus Yaqut Menteri Agama."
 
Setelah disimak, video berdurasi 49.24 menit tersebut tidak ditemukan adanya pernyataan dari Gus Yaqut yang menyebut Islam merupakan agama pendatang. Namun, pada menit 08.25, ada kalimat Menteri Yaqut mengucapkan“Agama Islam bukan dari Indonesia. Islam dari tanah Arab”.
 
Selain itu, unggahan ini juga merupakan video hasil suntingan. Video pernyataan dari Gus Yaqut digabungkan dengan video pernyataan dari sosok diduga HRS.
 
Kesimpulan
Klaim pada video yang beredar bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut Islam sebagai agama pendatang adalah salah. Faktanya, tersebut hasil suntingan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Menag Yaqut Cholil Qoumas Bilang Agama Islam Agama Pendatang? Cek Faktanya
 
Referensi:
https://www.youtube.com/shorts/bwwKArmM4SA
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif