Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Uni Eropa Hentikan Vaksinasi Covid-19 Mulai 20 Oktober 2021? Ini Faktanya

Medcom Files uni eropa Cek Fakta kabar hoaks Vaksinasi covid-19
Wanda Indana • 14 Oktober 2021 17:18
Beredar kabar yang menyebut Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi covid-19 mulai 20 Oktober 2021. Kabar ini beredar di media sosial dan pesan berantai.
 
Akun Facebook Arnas Nasution turut membagikan kabar itu pada Kamis, 7 Oktober 2021. Akun itu mengunggah narasi berbahaya Melayu yang menyebut semua vaksin tidak lagi diakui di Uni Eropa disertai sumber informasi berupa link situs Uni Eropa.
 
Berikut penggalan narasi yang beredar:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

"PENGEDARAN KEPADA SEMUA ORANG yang tidak mahu "diberi vaksin". Semua vaksin tidak lagi dibenarkan mulai 20.10.2021: maklumat yang disahkan. Kesatuan Eropah telah meluluskan (https://ec.europa.eu/com.../presscorner/detail/fr/ip_21_3299) 5 terapi yang akan tersedia di semua hospital di Negara-negara Anggota untuk rawatan Covid. Terapi ini telah disetujui dengan keputusan Majlis Eropah (Parlimen Eropah) dan akan berkuat kuasa mulai 1/10, jadi terapi ini akan diedarkan sedikit demi sedikit sekitar 20/10. Vaksin disetujui secara "percubaan sementara". Tetapi kerana keputusan itu akan menetapkan 5 ubat baru ini, penggunaan vaksin akan berhenti. Oleh itu, kita memahami mengapa semua negeri mengatakan "antara bulan September adalah perlu ...". Mereka sudah mengetahui segalanya. Anda harus mempunyai kesabaran. Jangan terima pemerasan. Bersabarlah. Sekarang ivermectin telah diluluskan semula, tidak perlu ada vaksin. Berita baik. Institut Pasteur menyedari keberkesanan Ivermectin. Satu pengambilan boleh membasmi semua bahan genetik SARS covid-19 pada beberapa orang. Baca dan kongsi dengan baik."
 

Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Uni Eropa Hentikan Vaksinasi Covid-19 Mulai 20 Oktober 2021? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi covid-19 mulai 20 Oktober 2021 adalah salah. Faktanya, justru Uni Eropa mengatakan vaksinasi jalan terbaik untuk mengakhiri pandemi covid-19.
 
Adapun tautan link yang disematkan pada narasi yang beredar berasal dari situs situs resmi Uni Eropa, europa.eu. Pada situs itu disebutkan, tidak ada pernyataan Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi. Di dalam rilis juga disebutkan ada lima obat yang berpotensi untuk merawat pasien covid-19.
 
"Vaksin melawan covid-19 adalah jalan terbaik untuk mengakhiri pandemi dan kembali ke kehidupan normal. Pada waktu yang sama kami juga mengusahakan pengobatan terbaik bagi yang terinfeksi," bunyi rilis tersebut.
 

Baca Juga:Benarkah Jokowi Sebut Pendukungnya Bodoh? Ini Faktanya
 

Dalam rilis itu juga menyebut strategi untuk pengobatan pada pasien covid-19 merupakan kelanjutan dari strategi vaksin covid-19 yang terbukti mencegah dan mengurangi penularan serta tingkat rawat inap dan kasus kematian.
 
Masih dari sumber yang sama, hingga 29 Juli 2021 70 persen penduduk Eropa dewasa setidaknya sudah mendapat satu dosis vaksin covid-19. Sementara 57 persen warga Eropa dewasa sudah menerima dosis penuh vaksin covid-19.
 

Baca Juga: Benarkah Makam Mustafa Kemal Ataturk Mengeluarkan Bau Busuk? Ini Faktanya
 

[Cek Fakta] Uni Eropa Hentikan Vaksinasi Covid-19 Mulai 20 Oktober 2021? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Uni Eropa akan menghentikan vaksinasi covid-19 mulai 20 Oktober 2021 adalah salah. Faktanya, justru Uni Eropa mengatakan vaksinasi jalan terbaik untuk mengakhiri pandemi covid-19.
 
Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
 

[Cek Fakta] Uni Eropa Hentikan Vaksinasi Covid-19 Mulai 20 Oktober 2021? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://ec.europa.eu/commission/presscorner/detail/fr/ip_21_3299?fbclid=IwAR3BxwFyjGIIm47Bo3mq--bCO1QCdI1LXwcaKBlS33eNKO9ayOtSuqfIy9s
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif