Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Kebakaran SPBU Akibat Bayar Pakai HP? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta kebakaran SPBU hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 05 Juli 2022 19:10
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan kebakaran di area Stasiun Pengisian Bahan bakar (SPBU) akibat pembayaran menggunakan ponsel. Video tersebut beredar di media sosial.
 
Akun Facebook ini membagikan video itu pada Kamis,pada 30 Juni 2022. Pada video yang beredar terdapat narasi sebagai berikut:
 
"Pertamina 1 Juli 2022. Efek bayar pake Hp"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Beredar Video Kebakaran SPBU Akibat Bayar Pakai HP? Cek Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkankebakaran di area SPBU akibat pembayaran menggunakan ponsel adalah salah. Faktanya, klaim pada video sudah dibantah pihak Pertamina.
 
Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan bahwa video yang beredar adalah video lama. Kejadian dalam video terjadi di area SPBU daerah Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat pada 2020. Saat itu mobil pengangkut tabung gas elpiji 3 kilogram mengalami kebakaran di SPBU tersebut pada 22 Oktober 2020. Bukan karena bayar menggunakan ponsel.
 
Irto mengimbau kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menyebarkan informasi. “Video lama, diharapkan masyarakat bisa lebih bijak dalam menyebarkan informasi,” ujarnya seperti dilansir Kompas.com, Sabtu 2 Juli 2022.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkankebakaran di area SPBU akibat pembayaran menggunakan ponsel adalah salah. Faktanya, klaim pada video sudah dibantah pihak Pertamina.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Kebakaran SPBU Akibat Bayar Pakai HP? Cek Faktanya
 
Referensi:
https://www.kompas.com/tren/berita/154535065-video-viral-kebakaran-di-spbu-disebut-efek-bayar-pakai-hp-ini-kata
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif