Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Benarkah Orang yang Berhalangan Divaksin tidak Bisa Naik KRL? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 15 September 2021 08:45
Beredar sebuah narasi bahwa orang yang berhalangan divaksin tidak bisa menumpang Commuter Line (KRL). Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun twitter KN yang turut mengunggah narasi tersebut, 14 September 2021. Berikut narasi selengkapnya:


"Kasihan orang yang berpenyakit yang tidak diizinkan dokter nya untuk vaksin mungkin tidak akan bisa naik KRL lagi ya, semoga yang tidak bisa naik KRL diberikan kemudahan memiliki kendaraan pribadi."


 
[Cek Fakta] Benarkah Orang yang Berhalangan Divaksin tidak Bisa Naik KRL? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Benarkah demikian?
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa mereka yang berhalangan divaksin Covid-19 tidak bisa menumpangi KRL, adalah salah. Faktanya, mereka bisa menumpangi KRL jika membawa surat keterangan dari pihak medis.
 
Hal itu seperti disampaikan pihak KRL melalui akun twitternya @CommuterLine. Mereka yang berhalangan divaksin karena menyandang status penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan dan mereka yang komorbid, tetap bisa menumpangi KRL.


"Selamat pagi. Bagi penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan/masyarakat yg menderita Comorbid sehingga belum dapat melakukan vaksinasi maka dapat menggunakan layanan KRL dengan menunjukan surat keterangan resmi dari dokter di Puskesmas/Rumah Sakit mengenai kondisinya. Tks," tulis pihak KRL, 14 September 2021.


 
[Cek Fakta] Benarkah Orang yang Berhalangan Divaksin tidak Bisa Naik KRL? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa mereka yang berhalangan divaksin Covid-19 tidak bisa menumpangi KRL, adalah salah. Faktanya, mereka bisa menumpangi KRL jika membawa surat keterangan dari pihak medis.
 

Referensi:
https://twitter.com/CommuterLine/status/1437572321351372801
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif