Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto UAS Endorse Produk Behel? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Ustaz Abdul Somad kawat gigi hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 23 Juni 2022 20:59
Beredar foto yang memperlihatkanUstaz Abdul Somad (UAS) memakai behel, alat berbasis kawat yang digunakan ortodontis untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tak rata. Foto ini beredar di media sosial.
 
Akun Twitter ini membagikan foto tersebut pada Kamis, 16 Juni 2022. Pada gambar itu terdapat narasi sebagai berikut:
 
"UAS Endors Behel Biru di Medsos Dapat Beragam Komentar"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Beredar Foto UAS <i>Endorse</i> Produk Behel? Cek Dulu Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada gambar yang beredar memperlihatkan UAS memakai behel adalah salah. Faktanya, gambar yang beredar telah direkaysa atau diedit.
 
Melalui reverse image, foto tersebut identik dengan unggahan artikelTribunnews.comberjudul "Candaan Ustaz Abdul Somad Saat Ditawari Jadi Menteri : Jadi Wakil Presiden Saja Saya Tolak" diunggah pada 6 September 2018. Gambar pada artikel itu, UAS tidak mengenakan behel.
 
Pula, dalam artikel itu hanya berisi candaan UAS di sela-sela dakwanya diMasjid Ikhlas, Labuh Baru Timur, Pekanbaru, Selasa, 4 September 2018. Tidak ada kaitannya dengan endorseproduk behel.
 
[Cek Fakta] Beredar Foto UAS <i>Endorse</i> Produk Behel? Cek Dulu Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim pada gambar yang beredar memperlihatkan UAS memakai behel adalah salah. Faktanya, gambar yang beredar telah direkaysa atau diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Beredar Foto UAS <i>Endorse</i> Produk Behel? Cek Dulu Faktanya
 
Referensi:
https://www.tribunnews.com/nasional/2018/09/06/candaan-ustaz-abdul-somad-saat-ditawari-jadi-menteri-jadi-wakil-presiden-saja-saya-tolak
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif