Festival Kopi Nusantara kedua kalinya ini diadakan dalam rangka HUT ke-49 Media Indonesia. (Foto: Dok. Medcom.id/Yatin Suleha)
Festival Kopi Nusantara kedua kalinya ini diadakan dalam rangka HUT ke-49 Media Indonesia. (Foto: Dok. Medcom.id/Yatin Suleha)

Rayakan HUT Ke-49, Media Indonesia Usung Tema 'Jaga Ekonomi Indonesia'

Rona kopi
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Januari 2019 20:23
Jakarta: Media Indonesia kembali menyelenggarakan Festival Kopi dalam memeringati Hari Ulang Tahunnya yang ke-49. Mengusung tema "Jaga Indonesia," Festival Kopi diadakan untuk mencapai salah satu kategori, yakni Jaga Ekonomi.
 
“Indonesia menempati peringkat keempat sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Alangkah tepat bagi kami yang mengusung Jaga Ekonomi menyiarkan kepada khalayak bahwa kopi di Indonesia itu sangat variatif, bagus kualitasnya, dan punya potensi yang bisa berkembang lagi,” ujar Ketua Panitia Hari Ulang Tahun Media Indonesia ke-49, Rio Waas, kepada Medcom.id, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Asisten Kepala Divisi Artistik Media Indonesia itu pun menyatakan, pihaknya berharap agar masyarakat Indonesia semakin mengetahui bahwa Indonesia memiliki kopi yang variatif dan powerful.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rayakan HUT Ke-49, Media Indonesia Usung Tema 'Jaga Ekonomi Indonesia'
(Festival Kopi Nusantara kedua kalinya ini diadakan dalam rangka HUT ke-49 Media Indonesia. Foto: Dok. Medcom.id/Yatin Suleha)
 
(Baca juga: Tiga Tips Bikin Kopi yang Enak)
 
Kemudian, dengan mendatangi Festival Kopi 2019 masyarakat semakin memahami ada beragam kreativitas penyajian kopi, banyaknya pertimbangan pengusaha kopi tentang tinggi tanah dalam penanaman kopi, cara membuatnya, berapa suhu memanggang biji kopi, hingga cara penyimpanan.
 
“Tadi saya lihat ada Gayo Wine (kopi). Ternyata prosesnya saja dengan bagaimana mereka melakukan brew-nya, detail satu dengan lainnya. Itu istimewa sekali, bukan hanya adanya biji kopi lalu digiling dan diseduh begitu saja,” tuturnya.
 
Rayakan HUT Ke-49, Media Indonesia Usung Tema 'Jaga Ekonomi Indonesia'Sementara itu, meskipun festival ini merupakan festival kopi kedua yang diadakan Media Indonesia, namun kali ini dikemas dengan lebih banyak tenant atau stan kopi.
 
Tahun lalu hanya ada beberapa tenant, sedangkan tahun ini ada hampir 30 tenant. Selain itu, Festival Kopi tahun lalu hanya diadakan selama dua hari.
 
Di tahun ini Festival Kopi diselenggarakan selama empat hari mulai pukul jam 09.00 WIB sampai 21.00 WIB dan pengunjung dapat menyaksikan talkshow tentang kopi Nusantara.
 
“Pelaku industri kopi kita sudah sangat maju saat ini, potensi ke depannya tinggal tunggu waktu saja dan pemerintah kita juga cukup memberikan akses yang lumayan saat ini."
 
"Seandainya kita konsisten unutk selanjutnya percaya diri bahwa Indonesia bisa menjadi peringkat tiga bahkan peringkat pertama sebagai penghasil kopi terbesar di dunia,” pungkas Rio.
 
Terkait dengan Festival Kopi, Rio membocorkan bahwa kegiatan tersebut akan kembali diadakan untuk ulang tahun emas Media Indonesia di tahun 2020. Para pengusaha kopi yang hadir pun cukup antusias dan berharap festival tahun depan dapat lebih besar dari tahun 2019.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif