Ketika sedang traveling atau bepergian dan membawa bayi, tentu akan lebih mudah jika mereka tertidur. (Ilustrasi/Pexels).
Ketika sedang traveling atau bepergian dan membawa bayi, tentu akan lebih mudah jika mereka tertidur. (Ilustrasi/Pexels).

Cara Agar Bayi Tertidur saat Traveling

Rona traveling
Raka Lestari • 05 Desember 2019 12:07
Jakarta: Ketika sedang traveling atau bepergian dan membawa bayi, tentu akan lebih mudah jika mereka tertidur. Namun terkadang membuat bayi tertidur ketika melakukan traveling bukanlah hal yang mudah.
 
Disitat dari Romper, berbagai cara bisa dilakukan dan yang paling penting adalah usahakan untuk membuat bayi merasa nyaman agar mereka bisa dengan mudah tertidur.
 
Lynelle Schneeberg, Psy.D., psikolog tidur anak, menjelaskan mengapa bayi dan balita sulit tidur ketika jauh dari rumah. Hal itu juga sama seperti yang dilakukan orang dewasa ketika mereka berada di tempat yang asing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Agar bayi dengan mudah tidur, Anda perlu melakukan hal-hal yang mendukung. Misalnya saja orang dewasa suka tidur dengan selimut tertentu, atau lampu yang redup. Hal itu juga berlaku pada bayi dan balita, usahakan kondisi lingkungan mereka sama seperti ketika mereka tidur di rumah,” ujar Schneeberg. 
 
Menurutnya, apa pun yang Anda bawa dari rumah entah itu mainan mereka, selimut,  boneka, buku-buku kesukaan mereka, itu juga akan membantu.
 
Sementara itu, Christine Stevens, konsultan tidur anak-anak dan pemilik Sleep Solutions by Christine, memberikan tips bagaimana cara untuk mereplikasi kamar tidur bayi Anda ketika sedang bepergian.
 
“Jadikan tempat di mana bayi tidur mirip dengan apa yang Anda miliki di rumah. Bawalah selimut bayi jika Anda menggunakannya, pastikan ruangannya gelap, dan bawakan kesukaan mereka jika ada, dan pastikan ada ruang untuk bayi tidur,” terangnya.
 
Anda juga bisa membuat bayi tidur dengan menaruh mereka di stroller sebentar sebelum melakukan perjalanan. Semakin terbiasa bayi Anda dengan pengaturan perjalanan mereka sebelumnya, semakin mudah bagi mereka untuk tertidur di jalan. Ketika Anda sedang transit, membuat bayi tertidur akan lebih mudah.
 
“Lakukan apa yang harus kamu lakukan untuk membuat bayi tertidur. Itu akan membuat perjalanan Anda tidak terlalu membuat stres bagi Anda dan bayi. Bawalah mainan untuk bayi bermain dan makanan ringan agar bayi tidak rewel,” ujar Stevens. 
 
Jika bayi Anda sulit untuk tertidur dalam perjalanan, Schneeberg merekomendasikan untuk membiarkan mereka tidur dengan sendirinya. “Penting untuk diingat adalah jika Anda terbiasa mengajarkan mereka untuk menenangkan diri sendiri maka mereka akan bisa tidur di mana saja,” tukasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif