FX Supanji, Vice President Director Djarum Foundation menanam pohon--Medcom.id/Raka Lestari.
FX Supanji, Vice President Director Djarum Foundation menanam pohon--Medcom.id/Raka Lestari.

Mengajak Milenial 'Menghijaukan' Cagar Budaya

Rona Djarum Foundation
Raka Lestari • 15 Agustus 2019 11:37
Djarum Foundation mengajak generasi milenial untuk menghijaukan cagar budaya Benteng Pendem melalui program “Siap Sadar Lingkungan". Tak kurang dari 248 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas dilibatkan untuk menanam berbagai jenis pohon.
 

Jakarta: Kabupaten Ngawi, Jawa Timur memiliki berbagai objek wisata. Salah satunya ialah Van Den Bosch yang dikenal dengan sebutan Benteng Pendem. Tempat ini merupakan saksi bisu perjalanan perjuangan bangsa Indonesia.
 
Bekerja sama dengan Kodam V Brawijaya, Djarum Foundation mengajak generasi milenial untuk menghijaukan cagar budaya tersebut melalui program “Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)”. Gerakan ini mengajak generasi milenial untuk tak hanya sekedar peduli, namun terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata, bergerak bersama-sama dan mengejar mimpi masa depan tanpa menambah jejak-jejak kerusakan pada bumi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebagai peninggalan dari nenek moyang kita, sudah seharusnya kira menghargai. Dengan menjaga lingkungan, akan berdampak pada keindahan sehingga bisa menarik wisatawan. Wisatawan dari luar negeri terutamanya, bisa menghasilkan devisa bagi negara dan tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujar FX Supanji, Vice President Director Djarum Foundation, dalam acara Siap Darling di Ngawi, Jawa Timur, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Dalam acara ini, Siap Darling mengajak tak kurang dari 248 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas untuk menanam berbagai jenis pohon di kompleks Benteng tersebut. Seperti; Universitas Merdeka Madiun, Politeknik Negeri Madiun, STAI Madiun, STISIP Muhammadiyah Madiun, STKIP Modern Ngawi, UIN Sunan Kalijaga. Kemudian, Unika Widya Mandala, Universitas PGRI Madiun, Universitas Soerjo Ngawi dan IAI Ngawi
 
Mengajak Milenial 'Menghijaukan' Cagar Budaya
FX Supanji, Vice President Director Djarum Foundation menanam pohon--Medcom.id/Raka Lestari.
 
Ada 130 pohon dan tanaman berbunga yang ditanam berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Kudus, Jawa Tengah.
 
Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI R Wisnoe Prasetja Boedi (TBC) menambahkan dengan hadirnya gerakan ini, diyakini dapat mendorong generasi muda untuk semakin mencintai dan menghargai jasa-jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.
 
Menurutnya Benteng Van Den Bosch yang kini menjelma sebagai objek wisata perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Karena tempat ini merekam perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.
 
"Pasalnya, benteng bergaya Romawi ini dibangun Belanda pada tahun 1839 hingga 1845 untuk meredan pergolakan rakyat melawan penjajah hingga satu abad lamanya,” terangnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif