Hari Macaron Nasional dirayakan setiap tanggal 20 Maret di New York. Mau tahu lagi keseruan cerita macaron? Berikut informasinya. (Foto: Brook Lark/Unsplash.com)
Hari Macaron Nasional dirayakan setiap tanggal 20 Maret di New York. Mau tahu lagi keseruan cerita macaron? Berikut informasinya. (Foto: Brook Lark/Unsplash.com)

Mengenal Sejarah Macaron, Camilan Imut dari Prancis

Rona kuliner gaya
Medcom • 16 Oktober 2019 17:16
Jakarta: Siapa yang tak suka macaron? Camilan penutup warna-warni yang imut dan manis. Camilan ini dapat Anda lahap dalam waktu sekejap.
 
Macaron berupa dua kue lapis yang halus, yang mengapit isian beraroma lezat, seperti selai raspberry, lemon atau cokelat mentega.
 
Ada desas-desus bahwa Raja Louis XIV dari Prancis memakan macaron di pernikahannya pada tahun 1660. Peristiwa itu berawal setelah koki pastry dari negara Basque memperkenalkan macaron ke Raja Louis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenal Sejarah Macaron, Camilan Imut dari Prancis
(Macaron bukan sembarang camilan, itu terbukti sejak tahun 2005 di La Maison Pierre Hermé, didirikan Hari Macaron Nasional setiap tanggal 20 Maret di New York. Foto: PExels.com)

Sejarah macaron

Namun jauh sebelum itu, pada awal tahun 1533, diyakini bahwa kue macaron pertama kali lahir di Italia dan dibawa ke Prancis oleh Catherine de' Medici
 
Catherine de' Medici adalah wanita bangsawan dari Florence yang menikah dengan Raja Prancis, Henri II. Macaron pertama adalah kue yang sangat sederhana, terbuat dari gula, tepung almond, dan putih telur.
 
Sebenarnya kata 'macaron' juga berasal dari kata Italia, maccherone, yang berarti adonan halus.
 
Kemudian melompat ke tahun 1792 ketika berlangsung Revolusi Prancis, dua biarawati Karmelit di Nancy, sebuah kota di timur laut Prancis menjual macaron untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tetapi berbeda dengan saat ini, macaron yang dulu dijual tanpa isian.
 
Seiring berjalannya waktu, berbagai daerah di Prancis mengadopsi resep-resep macaron. Hingga pada tahun 1890-an barulah muncul bentuk macaron seperti yang kita ketahui saat ini.
 
Macaron itu dibuat di Ladurée oleh Pierre Desfontaines, sepupu dari pendiri La Maison Ladurée. Buttercream, selai, ganache, dan campuran buah disisipkan di antara lapisan macaron.
 
Hingga saat ini, Ladurée tetap menjadi salah satu tempat paling populer di dunia untuk camilan macaron dengan rasa otentik.
 
Mengenal Sejarah Macaron, Camilan Imut dari Prancis
(Pada awal tahun 1533, diyakini bahwa kue macaron pertama kali lahir di Italia dan dibawa ke Prancis oleh Catherine de' Medici. Foto: Pexels.com)

Kue cantik yang memiliki hari nasional

Macaron bukan sembarang camilan, itu terbukti sejak tahun 2005 di La Maison Pierre Hermé, didirikan Hari Macaron Nasional setiap tanggal 20 Maret di New York.
 
Pada hari itu, Anda memiliki kesempatan untuk mencicipi makaron Prancis yang lezat dari berbagai toko roti secara gratis.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif