Pemandangan berupa air terjun mini dari aliran Sungai Senowo menjadi daya tarik pengunjung yang datang ke Jembatan Mangunsuko atau Jembatan Jokowi. (Foto: Dok. Medcomi.d/Arthurio Oktavianus)
Pemandangan berupa air terjun mini dari aliran Sungai Senowo menjadi daya tarik pengunjung yang datang ke Jembatan Mangunsuko atau Jembatan Jokowi. (Foto: Dok. Medcomi.d/Arthurio Oktavianus)

Menikmati Pesona Jembatan Mangunsuko

Rona wisata
Arthurio Oktavianus Arthadiputra • 02 Mei 2019 06:00

Jembatan Mangunsuko dikenal oleh penduduk Desa Mangunsuko, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah dengan nama Jembatan Jokowi. Hal ini karena diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Pemandangan dari jembatan gantung tersebut sempurna dengan latar belakang Gunung Merapi yang menjulang di balik rerimbunan pepohoan dan aliran sungai.  


 

Magelang: Jembatan tidak hanya sebagai jalan penghubung untuk mempermudah jalur transportasi. Jembatan juga bisa dijadikan tempat hunting untuk foto selfie atau panorama yang sangat indah dipandang. 
 
Tak percaya? Coba saja berkunjung ke Jembatan Jokowi di Dusun Grogol, Desa Mangunsuko, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kaget dengan nama jembatan yang sama dengan nama akrab Presiden Republik Indonesia? Begini penjelasannya.
 
Nama asli jembatan tersebut adalah Jembatan Mangunsuko. Memiliki panjang 120 meter, jembatan itu diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo, 18 September 2017 silam.
 
Selesai peresmian jembatan, penduduk sekitar ramai menyebut jembatan tersebut dengan nama Jembatan Jokowi, sebagai pengingat bagi penduduk bahwa jembatan tersebut sangat spesial karena diresmikan secara langsung oleh presiden, meski jembatan berada di pelosok desa.
 
Menikmati Pesona Jembatan Mangunsuko
(Aliran Sungai Senowo yang mengalir di bawah Jembatan Mangunsuko alias Jembatan Jokowi sangat indah ketika dilihat dari tengah jembatan. Foto: Dok. Medcom.id/Arthurio Oktavianus)

Penghubung antar desa

Menurut Rudi (30), warga Desa Mangunsuko, dibangunnya Jembatan Jokowi menjadi berkah tersendiri bagi penduduk desa. Sebelum ada jembatan gantung tersebut, penduduk harus menempuh waktu sekitar satu jam setengah untuk menuju desa tetangga, karena harus memutar ke arah kota terlebih dahulu.
 
Jembatan Jokowi menghubungkan Desa Mangunsuko dan Grogol dengan Desa Sumber dan Desa Tutup, yang dipisahkan oleh aliran Sungai Senowo. Sedangkan jarak desa ke Kota Magelang berkisar 24 Km atau waktu tempuh sekitar 40 menit.
 
Keberadaan jembatan gantung juga sangat membantu masyarakat sekitar untuk mengangkut hasil bumi dari kebun dan sawah, untuk dijual ke pasar di desa tetangga atau pun didistribusikan ke pengepul sebelum dikirim ke pasar di Magelang, Muntilan dan Yogyakarta.
 
Menikmati Pesona Jembatan Mangunsuko
(Keberadaan Jembatan Mangunsuko alias Jembatan Jokowi membantu masyarakat yang menyeberangi aliran Sungai Senowo menuju Desa Mangunsuko atau ke Desa Sumber. Foto: Dok. Medcom.id/Arthurio Oktavianus)

Destinasi wisata

Magnet bagi orang yang datang ke jembatan bukan hanya dikarenakan nama orang nomor satu di Indonesia. Tetapi juga pesona alam sekitar jembatan yang sangat asri dan menawan bila diabadikan dalam lensa kamera. 
 
Saat berdiri di tengah jembatan gantung, bisa melihat deretan air terjun mini dari aliran Sungai Senowo. Air terjun mini ini ada yang keluar dari dinding tanah yang berumput hijau. Tentu saja sangat memanjakan dan memesona mata.
 
Kalau beruntung karena cuaca bersahabat, pemandangan dari jembatan gantung akan semakin sempurna dengan latar belakang Gunung Merapi yang menjulang di balik rerimbunan pepohoan dan aliran sungai.  
 
Kalau cuaca sedang mendung dan puncak Gunung Merapi tak kelihatan, jangan kecewa. Sawah-sawah dan perkebunan nan hijau di sepanjang jalan menuju Jembatan Jokowi pasti mampu membuat refreshing dari rutinitas kerja dan kehidupan kota yang membosankan. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif