Alasan Kenapa Memasak Pasta Sebaiknya Menggunakan Panci Besar
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Saat lapar, pasta menjadi salah satu pilihan mudah dan cepat untuk disajikan. Hanya perlu merebusnya beberapa menit dan mencampurnya dengan berbagai pilihan saus, pasta sudah bisa disajikan dan siap dinikmati. Pasta juga menjadi salah satu makanan cepat saji yang memiliki kandungan serat tinggi.

Namun, meski praktis, ada beberapa kesalahan kecil yang sering dilakukan saat memasak pasta.

Beberapa orang menggunakan panci kecil untuk merebus pasta agar air cepat mendidih. Artinya, Anda harus mematahkan pasta menjadi dua bagian jika yang dimasak adalah spagetti.
Di Italia, ada mitos yang menganggap bahwa mematahkan pasta menjadi dua bagian akan mendapatkan nasib buruk.


Tapi sebenarnya, ada alasan lain mengapa Anda harus memperhatikan rasio antara air dan pasta yang Anda masak. Menambahkan segenggam besar pasta ke panci kecil berisi air yang sudah mendidih dapat menyebabkan suhu air turun dengan cepat dan memakan waktu lebih lama untuk mulai mendidih lagi. Sehingga saat pasta yang Anda masak airnya sudah mulai hangat, pasta yang berada di dalamnya akan mulai menjadi lembek dan mengembang, ujar Michael Symon dari Iron Chef Amerika kepada Real Simple.

Oleh karena itu, menurut Michael untuk mengatasinya menggunakan tips berikut ini: Gunakan panci yang besar, kemudian isi panci besar dengan lima sampai enam liter air, tambahkan dua sendok makan garam setelah mulai mendidih. Masukkan pasta, kemudian aduk-aduk pasta sampai matang dengan sempurna.





(DEV)