Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum mendaki gunung.
Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum mendaki gunung.

Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

Rona kalbe nutritionals
Gervin Nathaniel Purba • 11 Juli 2019 07:00
Jakarta: Mendaki gunung tidak semudah seperti kelihatannya. Kegiatan ini penuh tantangan dan memerlukan fisik yang prima.
 
Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum mendaki gunung. Termasuk keterampilan membaca peta, mengenali tanda alam, dan cuaca.
 
1. Persiapan dan Perencanaan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luangkan waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan pendakian. Pastikan sebelum naik gunung, Anda melakukan riset dan mencari tahu informasi mengenai situasi di gunung. Hal ini berguna untuk mengukur kemampuan Anda.
 
2. Persiapan Fisik
 
Sebelum mendaki gunung, lakukan serangkaian latihan fisik. Berlari, berenang, dan aerobik akan sangat membantu melatih stamina. Olahraga angkat beban juga baik untuk membangun massa otot. 
 
3. Konsultasikan dengan Dokter
 
Konsultasi dengan dokter sangat penting sebelum mendaki gunung. Sebab, mendaki gunung tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita penyakit jantung, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, atau mereka yang pernah riwayat medis mengidap kedua penyakit tersebut.
 
4. Amati Cuaca
 
Sebelum memulai perjalanan mendaki gunung, pastikan Anda mendapatkan ramalan cuaca setempat. Jangan ragu untuk menunda jika cuaca tak mendukung karena akan sulit untuk mundur kembali ketika sudah berada di rute pendakian.
 
5. Perlengkapan dan Pakaian
 
Persiapan sebelum mendaki gunung termasuk memastikan Anda memiliki perlengkapan dan pakaian yang sesuai. Periksa kembali setiap barang yang akan dibawa dalam kondisi bagus dan berfungsi dengan baik. 
 
6. Perlengkapan Medis
 
Obat-obatan pribadi maupun kotak P3K jangan sampai tidak dimasukkan ke dalam tas sebelum mendaki gunung. Anda tidak mungkin turun gunung dalam waktu sekejap untuk mencari apotek.
 
7. Persediaan Makanan Cukup
 
Sebelum mendaki gunung, pastikan untuk membawa banyak makanan dan air minum. Siapkan juga stok camilan Fitchips untuk mengisi energi pada sela-sela pendakian. 
 
Fitchips dibuat tanpa penguat rasa/MSG, pengawet, pewarna dan pemanis buatan (4P). Rasa asin pada Fitchips didapat dari garam yang juga berfungsi sebagai pengawet alami. 
 
Makanan ini terbuat dari multigrain atau biji-bijian bernutrisi yang kaya serat, yakni oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. 
 
Fitchips hadir dalam tiga varian untuk Anda nikmati sesuai selera, yakni honey BBQ, seaweed, dan yang terbaru cheese & herbs.

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif