Festival Budaya Membangun Negeri
Sejumlah pelajar memainkan musik gamelan sebagai sosialisasi acara International Gamelan Festival 2018 di Solo. (Foto: Antara/Maulana Surya)
Jakarta: Gamelan menjadi salah satu musik tradisional Indonesia yang punya daya tarik hingga ke mancanegara. Bahkan, Tiongkok dan Rusia memiliki tempat khusus belajar gamelan dan melahirkan seniman gamelan versi negara mereka.

Maka tidak heran jika International Gamelan Festival (IGF) 2018 yang di gelar di Surakarta, Solo sangat ditunggu-tunggu oleh para seniman gamelan, pecinta gamelan, juga pecinta seni dan budaya. 

IDEnesia pada episode ini akan membahas tentang kemeriahan IGF 2018 yang didukung oleh Pemerintah Kota Solo, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pariwisata, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


IGF 2018 telah berlangsung pada 9-16 Agustus, dengan menghadirkan sekitar 19 kelompok gamelan luar negeri, 33 kelompok gamelan dalam negeri, dan belasan peneliti/ahli gamelan. IGF digelar di beberapa tempat ikonik Solo, yaitu Benteng Vastenburg, Slamet Riyadi, Dalem Joyokusuman, Lokananta, Bentara Budaya Solo, dan lainnya.

Terdapat enam rangkaian acara selama IGF, yaitu pertunjukan gamelan dari para maestro gamelan baik dalam maupun luar negeri. Lalu ada konferensi internasional besar bertema Gamelan Culture: Roots, Expression, and Worldview. Konferensi tersebut mengupas sejarah persebaran dan peradaban gamelan, interaksi kultural antar komunitas, konteks sosial-politik dan kepentingan-kepentingan, lingkungan alam, corak masyarakat, dan kultur setempat.

Selanjutnya ada pameran IGF 2018 yang menyampaikan pesan mengenai sejarah, ekspresi, dan spirit gamelan yang telah menjadi media untuk menanggapi gelombang pengaruh peradaban (agama, politik, industri, modernisme), juga turut membentuk corak kebudayaan Nusantara. Juga ada penerbitan dan pemutaran film tentang literatur sejarah. 

Saksikan selengkapnya keseruan IGF 2018 pada program IDEnesia yang tayang di Metro TV, Minggu, 16 September 2018, pukul 21.30 WIB.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id