Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

9 Gejala Covid-19 yang Kerap Ditemukan pada Anak-anak

Rona covid-19
Kumara Anggita • 07 Agustus 2020 08:09
Jakarta: Setiap orang yang terkena Covid-19 bisa menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Ada yang merasa lelah saja, ada yang pilek, ada yang batuk, ada yang sesak, atau bahkan merasakan keempat hal tersebut bersamaan.
 
Menurut dr. Yogi Prawira, Sp.A(K), Konsultan Emergenis dan Rawat Intensif Anak FKUI-RSCM dan Ketua Satgas Covid-19 IDAI, Covid-19 itu merupakan penyakit dengan 1000 wajah. Sebab ada ragam gejala yang dialami bagi para penderitanya.
 
Pada orang dewasa memang gejalanya biasanya bekaitan dengan sistem respiratori atau  pernapasan. Mereka yang terinfeksi, bakal merasakan sesak, pilek, atau batuk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau pada dewasa mostly awalnya gejala respiratory jadi dia masuknya kan memang dari saluran napas, hidung, mulut lalu masuk ke reseptor di paru-paru,” ujar dr. Yogi dalam Live Ngobrol Asik Medcom.id di Instagram.
 
Sementara pada anak gejalanya tidak melulu ke saluran pernapasan. Kondisi ini membuat anak jadi lebih sulit dideteksi.
 
Kendati demikan, erdasarkan pengalaman dr. Yogi di lapangan dalam menemukan kasus covid-19 pada anak, biasanya ada berbagai macam gejala. Beberapa gejala yang ia temukan seperti:
 
-Demam
 
-Batuk
 
-Pilek
 
-Sesak
 
-Muntah-muntah
 
-Diare
 
-Syok
 
-Ruam-ruam
 
-Peradangan
 
Untuk itu, ia meminta agar kita semua lebih hati-hati lagi. Terapkanlah protokol kesehatan dengan tegas dan jaga daya tahan tubuh Anda dan orang-orang di sekitar.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif