Empat Bahan Alami Redakan Gejala Haid (Foto: shutterstock)
Empat Bahan Alami Redakan Gejala Haid (Foto: shutterstock)

Empat Bahan Alami Redakan Nyeri Haid

Rona makanan sehat haid
Sri Yanti Nainggolan • 27 Oktober 2018 15:56
Jakarta: Nyeri haid adalah hal wajar yang dialami para wanita. Bahkan, produktivitas bisa sangat terganggu karena siklus bulanan tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengusir rasa sakit dengan bahan alami, cobalah beberapa herbal berikut.

1. Jahe
Beberapa studi menemukan bahwa konsumsi jahe slama menstruasi membanu menurunkan rasa kram karena bersifat antiinflamasi. Cobalah mengunyah beberapa potong kecil jahe atau campurkan dengan teh hangat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



2. Peterseli
Ramuan kuliner satu ini kaya kalsium, magnesium (relaksan otot alami), vitamin B dan zat besi. Inilah yang membuat rasa sakit saat haid berkurang. Selain itu, peterseli juga membantu mengurangi kembung dan retensi air selama menstruasi. Bahan alami ini juga membantu mengatur ketidakteraturan menstruasi dan aliran darah. Cukup kunyah daun peterseli atau campurkan dalam minuman hangat untuk membuat perut merasa baikan saat haid. 3. Kamomil
Kamomil dikenal sebagai antiinflamasi, spasmolitik, sedikit penenang dan karminatif yang alami. Sifat antiinflamasi dan spasmolitik membantu meredakan rasa tak nyaman selama haid. Seduhlah beberapa daun dan bunga kamomil untuk membuat tubuh baikan.

4. Adas
Tanaman yang biasanya dipakai dalam bentuk minyak ini dapat membantu saat haid. Minuman ini membantu uterus berkontraksi, mengatur pendarahan dan mengurangi rasa sakit. Rendam beberapa biji adas dalam segelas air semalam dan minum di pagi hari. Mengunyahnya langsung juga dapat memberi efek yang sama.

 


(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi