Rasa malas itu wajar dirasakan hampir sebagian orang yang baru akan kembali memulai olahraga. (Foto Ilutsrasi: Autumn Goodman/unsplash.com)
Rasa malas itu wajar dirasakan hampir sebagian orang yang baru akan kembali memulai olahraga. (Foto Ilutsrasi: Autumn Goodman/unsplash.com)

Tips Melawan Rasa Malas saat Memulai Olahraga

Rona olahraga
Dhaifurrakhman Abas • 08 Januari 2019 10:37
Jakarta: Pertandingan olahraga Asian Games 2018 lalu rasanya masih segar dalam ingatan. Apalagi ketika mengingat kembali beberapa pertandingan yang berakhir seru dan ciamik.
 
Selain bikin terhibur, atlet yang bertanding juga bikin kita ikut termotivasi buat memiliki tubuh bugar bak hidup sehat. Tapi entah kenapa, ketika mencoba memulai berolahraga untuk pertama kalinya terasa begitu sulit.
 
Beberapa orang ada yang merasa malu, ada pula yang tak bisa mengelak dari rasa malas. Namun tenang saja, hal itu wajar dirasakan hampir sebagian orang yang baru akan kembali memulai olahraga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu normal," kata Celeste Currie, Pelatih dan ahli Nutrisi, dikutip Bustle.
 
Tapi kata Currie, hal itu harus dilewati dan dicoba. Semakin lama Anda melakukannya, lambat laun rasa malas dan malu itu akan menghilang.
 
"Ditambah lagi, ketika Anda merasa nyaman, dan mengetahui apa tujuan dan manfaatnya, Anda pasti bisa melewati rasa takut tersebut," tambahnya.
 
Meskipun begitu, Anda tidak dianjurkan langsung melakukan olahraga berat. Ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan sebelum mulai meningkatkan beban olahraga. Berikut beberapa sarannya:
 
1. Pilih yang Membuat Nyaman
Anda akan semakin merasa malas berolahraga ketika memilih bentuk olahraga yang terlampau berat. Jadi, ketimbang memilih olahraha angkat beban, ataupun lari berkilometer, lebih baik lakukan dengan hal-hal yang membikin senang.
 
"Selalu pilih aktivitas olahraga yang bikin Anda nyaman, sebelum meningkatkan beban olahraga," ujar Currie.
 
2. Grup Olahraga
Agar menambah semangat memulai olahraga bisa dimulai dari beberapa kiat. Salah satunya dengan bergabung ke dalam grup olahraga atau mengajak teman untuk ikut berolahraga bersama.
 
"Selain menyenangkan, grup olahraga secara natural akan membuat Anda saling termotivasi untuk hidup lebih sehat," katanya.
 
3. Olahraga Pagi
Ada baiknya melakukan olahraga pada pagi hari. Sebabnya kondisi tubuh masih bugar karena belum melaksanakan kegiatan yang bikin lelah.
 
"Tubuh bugar saat pagi hari juga membuat kita termotivasi untuk memulai olahraga," imbuhnya.
 
Selain itu, Currie juga bilang olahraga pagi bikin perasaan lebih bahagia sepanjang hari. Lantaran pikiran merasa bahwa sudah melakukan hal bermanfaat saat memulai hari.
 
4. Pemanasan
Jika merasa memulai olahraga teramat menakutkan, coba lakukan latihan pemanasan saja. Kata Currie, kondisi tubuh setelah melakukan pemanasan akan membaik dan rasanya ingin melakukan lebih dari ktu.
 
"Dan Anda mungkin akan melakukan olahraga setelah selesai melakukan pemanasan," ujar Currie.
 
5. Cari Motivasi
Coba bayangkan apa tujuan Anda memulai olahraga. Apakah ingin memiliki tubuh ideal,  menghilangkan stres, atau ingin fisik jadi lebih bugar?
 
Kata Currie, mengingat-ingat motivasi olahraga bisa bikin kita beranjak dari rasa malas. Selain itu, dia juga menganjurkan agar jangan pernah merasa puas.
 
6. Dengarkan Musik
Mendengarkan musik dengan tempo cepat bisa menambah motivasi untuk berolahraga. Jadi jika Anda tak pernah mencobanya, maka cobalah dengan membuat album dari musik-musik tersebut.
 
"Kekuatan kata-kata dan ketukan musik akan menambah semangat. Ini akan membuat tubuh mudah merespons aktivitas olahraga," kata Nadia Burlock, pakar Pakar Kesehatan dan Kebugaran.
 
Tips Atasi Kulit Kering

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi