Tips Mengatasi Tumit Kaki Pecah-pecah

Torie Natalova 06 Desember 2018 08:00 WIB
kesehatan kulit
Tips Mengatasi Tumit Kaki Pecah-pecah
Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengatasi tumit kaki pecah. (Foto: Imani Cloves/Unsplash.com)
Jakarta: Memiliki kulit kering bisa membuat rasa yang tidak nyaman untuk Anda. Terlebih, kulit kering dapat menyebabkan tumit pecah-pecah yang dapat memperburuk penampilan bagian kaki.

Kulit kering bukan satu-satunya penyebab tumit kaki pecah-pecah. Berdiri terlalu lama, memakai sepatu atau sandal bagian belakang terbuka, kapalan dan obesitas dapat menempatkan tekanan pada kulit yang memicu kulit membelah. 

Tumit pecah dapat berupa retakan-retakan kecil. Tapi, beberapa kasus parah tumit pecah ini dapat menyebabkan pendarahan dan nyeri, terutama jika bakteri masuk ke celah yang terluka.


Karenanya, sangat penting untuk segera mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengatasi tumit kaki pecah.

(Baca juga: 6 Alasan Kulit Kaki Terkelupas dan Pecah-Pecah)

1. Tingkatkan asupan air
Ketika tumit kaki pecah-pecah, perbanyak asupan air minum Anda. Kulit bisa kehilangan sekitar satu liter air sepanjang hari, terutama di musim kering. Tubuh yang terhidrasi baik dapat membantu menyejukkan kulit dan menenangkannya.


(Ketika tumit kaki pecah-pecah, perbanyak asupan air minum Anda. Kulit bisa kehilangan sekitar satu liter air sepanjang hari, terutama di musim kering. Foto: Giulia Bertelli/Unsplash.com)

2. Tetap lembap
Gunakan pelembap setidaknya satu kali sehari. Masalah konsistensi memakai pelembap adalah pemicu kurangnya kelembapan pada tumit Anda.

3. Obat krim
Jika tumit Anda retak cukup parah, pelembap biasa takkan cukup mengatasinya karena kemunculan jamur bisa memperparah tumit. Memilih krim dengan kandungan amonium laktat atau krim urea dapat mengatasi pecah-pecah yang parah. Kedua bahan tersebut membantu mengelupas kulit mati dan membuat tumit lembut dan halus.

4. Jangan mengeruk atau mencukur kapalan
Saat melihat kulit tumit terkelupas, jangan mengambilnya dengan mencukur atau mencabutnya karena dapat menyebabkan infeksi.

5. Gosok dengan batu apung
Lakukan eksfoliasi atau mengangkat kulit mati setelah terendam dengan memakai batu apung. Ini membantu menjaga area kulit kering dan kapalan terkikis. Ketika kapalan terlalu tebal, Anda bisa kehilangan semua fleksibilitas dan retak saat bergerak.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id