Foto Ilustrasi: Kaffe Meister/Unsplash.com)
Foto Ilustrasi: Kaffe Meister/Unsplash.com)

Waspada jika Sering Mengunyah Es Batu

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 02 Januari 2019 11:25
Jakarta: Mengonsumsi minuman dingin saat cuaca terik terlihat wajar saja. Tapi jika senang mengunyah es batu ketika minuman telah habis, sebaiknya itu harus diwaspadai.
 
Walaupun terdengar seperti hal sepele, kebiasaan mengunyah es rupanya sering dikaitkan dengan gangguan medis. Merupakan sebuah indikasi seseorang sedang terserang anemia atau kekurangan zat besi
 
Melansir Mayo Clinic, salah satu bentuk pica atau kebiasaan mengonsumsi benda tak biasa ini karib disebut sebagai pagophagia. Namun, untuk masuk dalam kategori pagophagia, Anda harus memiliki gejala selama satu bulan atau lebih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda juga bisa curiga ketika mengalami kondisi selalu ingin mencari es secara terus menerus. Bahkan sampai mencari es dari freezer hanya untuk memenuhi keinginan Anda.
 
Lantas, bagaimana anemia dan kekurangan zat besi bisa merangsang penderitanya untuk mengunyah es? Psikolog dari Universitas Pennsylvania, Melissa Hunt, menjelaskan bahwa anemia biasanya menyebabkan nyeri lidah, mulut kering, dan inflamasi lainnya.

Klik di sini: Makanan dan Minuman Favorit Bikin Bahagia Dua kali Lipat

Mengunyah es merupakan salah satu hal yang dilakukan penderitanya untuk meringankan beban tersebut. Selain itu, kata Hunt, mengunyah es yang dingin juga digunakan penderitanya untuk membangkitkan diri dari perasaan lelah.
 
Sebabnya, anemia dan kekurangan zat besi menyebabkan tubuh kekurangan produksi darah dan membuat lelah. Sementara beberapa penelitian lain menyebut bahwa menggigit es bisa membantu meningkatkan suplai oksigen ke otak.
 
Kendati demikian, sebaiknya Anda mengobati anemia bukan dengan cara mengunyah es. Ada cara tepat seperti mulai mengonsumsi daging merah dan kacang-kacangan yang mengandung zat besi. 
 
Jika Anda seorang vegetarian, jangan khawatir. Anda bisa mengonsumsi sayuran bayam dan buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti strawberry, dan kiwi.
 
Cooking with Chef Hans: Tropical Pancake

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif