Milia pada anak-anak cenderung hilang dalam beberapa minggu. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Milia pada anak-anak cenderung hilang dalam beberapa minggu. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Mengenal Apa Itu Milia

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 12 Juni 2019 05:00
Milia terjadi di bawah mata karena kelebihan keratin. Milia pada anak-anak cenderung hilang dalam beberapa minggu. Namun, bisa memakan waktu hingga beberapa bulan untuk sembuh pada orang dewasa, tergantung pada penyebab yang mendasarinya.
 

 
Jakarta: Milia merupakan kondisi adanya benjolan kecil berwarna putih yang muncul di kulit. Kondisi ini disebabkan oleh keratin yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Tidak seperti whiteheads yang mengandung nanah, milia bukan pertanda pori-pori tersumbat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bayi yang baru lahir sering mengalami milia. Penyakit ini juga umum pada anak-anak yang lebih tua bahkan orang dewasa disebut terkadang mengalami milia, terutama di bagian pipi atau di bawah mata.
 
Meskipun milia tidak memprihatinkan, Anda mungkin ingin menghilangkannya. Teruslah membaca untuk mencari tahu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengobati milia di bawah mata.
 
Milia pada anak-anak cenderung hilang dalam beberapa minggu. Namun, bisa memakan waktu hingga beberapa bulan untuk sembuh pada orang dewasa, tergantung pada penyebab yang mendasarinya.
 
Ada beberapa faktor yang menyebabkan milia pada orang dewasa. Paling umum, milia terjadi karena kulit mati menumpuk dan terjebak di pori-pori dekat permukaan kulit. Jika penumpukannya tidak dikeluarkan secara alami, ini bisa menjadi kista kecil. Jenis ini disebut Milia Primee.
 
Ketika muncul ke daerah mata secara khusus, Dr Tsagaris menjelaskan bahwa ketika perawatan kulit yang digunakan di daerah ini tidak menembus dengan benar, Milia Primer dapat bermanifestasi.
 
"Tidak seperti kulit pada bagian wajah lainnya, area mata tidak mengandung kelenjar minyak yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit ini dan memiliki sirkulasi darah yang terbatas. Oleh karena itu, krim mata yang ingin Anda gunakan harus sangat terspesialisasi sehingga dapat meningkatkan volume dan kekencangan kulit."
 
Mengenal Apa Itu Milia
(Milia pada anak-anak cenderung hilang dalam beberapa minggu. Namun, bisa memakan waktu hingga beberapa bulan untuk sembuh pada orang dewasa. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Milia sekunder

Jenis lainnya, Milia Sekunder, terlihat mirip dengan Milia Primer tetapi berkembang sangat berbeda. Milia sekunder terjadi ketika sesuatu menyumbat saluran keringat.
 
Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa jenis trauma atau infeksi kulit, seperti perawatan laser, pengelupasan kimia, dan herpes. Bisa juga karena faktor-faktor gaya hidup yang berkontribusi.
 
Dr Tsagaris menerangkan Anda patut hati-hati ketika Anda kurang tidur, merokok, kebersihan pribadi yang buruk, menggunakan produk kecantikan berbasis minyak secara berlebihan, dan penggunaan steroid jangka panjang. "Kebiasaan itu memengaruhi milia muncul di kulit Anda," jelasnya.
 
Kebanyakan benjolan milia akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Jika Anda memiliki wabah milia berulang atau jika milia Anda tidak hilang, Anda mungkin perlu mengunjungi dokter kulit.
 
Terkadang dokter kulit akan menggunakan jarum kecil untuk menghilangkan milia secara manual. Cara ini akan dengan cepat menyembuhkan daerah yang terkena.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif