Menkes saat berinteraksi dengan salah satu Skizofriends (Foto: A. Firdaus)
Menkes saat berinteraksi dengan salah satu Skizofriends (Foto: A. Firdaus)

Menkes: Sentuhan yang Luar Biasa dari Rumah Berdaya

Rona kunjungan kemenkes
A. Firdaus • 25 April 2019 06:15
Denpasar: Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, mengapresiasi keberadaan Rumah Berdaya. Sebuah tempat rehabilitasi psikosial bagi Orang Dengan Skizofrenia (ODS) atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).
 
Bagi Nila, adanya Rumah Berdaya adalah solusi. Sebab kehadiran Rumah Berdaya bisa menjadi salah satu penyelamat hidup bagi orang yang sakit jiwanya, yang sempat terpasung oleh keluarganya, dan nyaris terbuang.
 
“Ini adalah solusi menurut saya terobosan yang luar biasa. Jadi saya juga baru melihat bahwa mereka (pemerintah Bali) mempunyai perhatian,” ujar Nila saat mengunjungi Rumah Berdaya di Bali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ada orang yang juga sakit kena jiwanya dan ini yang seolah-olah dalam tanda kutip, jadi terbuang. Keluarga sering memasung. Kita ingat sekali kita sudah melarang jangan dipasung, atau kalau bisa diserahkan ke rumah sakit jiwa. Tetapi sesudah itu putus sepertiga tidak ada lagi hubungan,” terangnya.

Baca juga: Generasi Milenial Paling Banyak Stres, Bagaimana Mengatasinya?

Saat mengunjungi Rumah Berdaya, Nila melihat banyak sekali yang dilakukan para penyandang ODS di sana. Bahkan mereka menghasilkan banyak manfaat di sana, sehingga saat kembali ke rumah dan kumpul bersama keluarga juga bisa kembali bermanfaat.
 
“Ini sebenarnya sentuhan yang luar biasa. Mereka bukan hanya diobati, tetapi diberdayakan menjadi orang yang berguna. Jadi apabila ada yang mengalami stres atau depresi, mereka bisa masuk ke Rumah Berdaya ini dan mendapatkan jalan keluarnya,” lanjut Nila.
 
Menkes: Sentuhan yang Luar Biasa dari Rumah Berdaya
 
Kegiatan Rumah Berdaya berfokus pada pengembangan diri bagi Skizofriends (sebutan bagi penyandang ODS) yang terbagi dalam dua kelompok. Yaitu kelompok pengembangan kognitif dan berkarya.
 
Pelatihan yang diberikan juga menyesuaikan dengan kemampuan Skizofriends itu sendiri, berupa pembuatan produk (dupa, tas, dan sablon baju), dan karya seni serta kerajinan tangan lainnya.

ODS juga mendapatkan BPJS

Sementara itu, Nila juga menegaskan bahwa ODS juga mendapatkan BPJS. Sehingga tumbuh keadilan bagi siapa saja yang berhak mendapatkan BPJS.
 
“Mereka dapat. BPJS membiayai orang sakit jiwa, tetapi kita sadar sekali bahwa mengobati orang sakit jiwa itu tidak sebentar. Cukup lama. Nah, ini kan memang kita harus adil untuk semua. Kita enggak bisa fokus cuma sama satu komunitas saja,” tegas Nila.
 
Pada intinya, Nila berharap para penderita sakit jiwa ini bisa kembali tumbuh rasa percaya diri mereka. Sehingga saat kembali dalam pelukan keluarga mampu berinteraksi dengan lingkungannya. Dan, itu telah dilakukan oleh Rumah Berdaya yang mampu mengembalikan, bukan hanya percaya diri, tapi juga hidup ODS yang menjadi lebih berarti.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif