Beberapa kondisi yang memengaruhi sistem reproduksi juga dapat menyebabkan rasa sakit selama berhubungan seksual. (Foto: Naomi August/Unsplash.com)
Beberapa kondisi yang memengaruhi sistem reproduksi juga dapat menyebabkan rasa sakit selama berhubungan seksual. (Foto: Naomi August/Unsplash.com)

Penyebab Nyeri Perut Bawah pada Wanita

Rona kesehatan
Torie Natalova • 07 Februari 2019 09:50
Jakarta: Wanita seringkali merasakan nyeri perut bagian bawah atau panggul yang memicu rasa tidak nyaman. Ini bisa terjadi di area perut atau di bawah pusar mereka.
 
Hal tersebut terjadi tidak hanya ketika mereka sedang haid. Kandung kemih dan organ reproduksi seringkali merupakan tempat nyeri panggul juga.
 
Banyak kasus yang sulit untuk didiagnosis penyebab pasti dari rasa sakit tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi, adapun beberapa penyebab umum sakit perut bagian bawah seperti masalah kandung kemih atau ginjal, masalah usus, atau masalah dengan sistem reproduksi (rahim, saluran tuba dan ovarium).
 
1. Nyeri perut yang timbul dari sistem kemih
Infeksi urine adalah gejala umum dan sering timbul seperti sensasi terbakar ketika buang air kecil dan sering ingin buang air kecil.
 
Infeksi dapat menyebar ke ginjal dan membuat Anda merasa tidak enak badan, meriang dan sakit punggung. Jika rasa sakit menyebar dari punggung ke pangkal paha dan parah, ini bisa disebabkan oleh batu ginjal.
 
(Baca juga: Alasan Minum Kopi Bisa Membuat Sakit Perut)
 

Penyebab Nyeri Perut Bawah pada Wanita
(Wanita seringkali merasakan nyeri perut bagian bawah atau panggul yang memicu rasa tidak nyaman. Ini bisa terjadi di area perut atau di bawah pusar mereka. Foto: Ilustrasi. Dok. Katarzyna Grabowska/Unsplash.com)
 
2. Nyeri perut yang timbul dari sistem pencernaan
Nyeri yang timbul dari usus besar adalah penyebab paling umum dari nyeri perut bagian bawah. Biasanya ini ditandai dengan yeri saat buang air besar, perubahan kebiasaan buang air, darah yang keluar saat buang air besar.
 
Sembelit dan diare yang membuat Anda kesakitan. Penyakit radang usus juga bisa menimbulkan rasa sakit pada perut.
 
3. Nyeri perut yang timbul dari organ reproduksi
Rasa sakit dapat berasal dari rahim, saluran tuba atau ovarium Anda, Biasanya sakit akan terasa di tengah perut bagian bawah.
 
Rasa sakit yang dirasakan pada bagian samping perut bisa berasal dari ovarium. Rasa sakit yang berasal dari rahim seringkali lebih buruk selama haid.
 
Beberapa kondisi yang memengaruhi sistem reproduksi juga dapat menyebabkan rasa sakit selama berhubungan seksual.
 
Jika Anda mengalami kram perut bagian bawah lebih dari seminggu sebelum haid, ini bisa terjadi di awal kehamilan ketika telur yang baru dibuahi membenamkan dirinya ke dinding rahim. Jenis rasa sakit ini biasanya ringan dan singkat, serta dapat disertai dengan sedikit bercak.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif