Benarkah secangkir kopi bisa membuat sakit perut? Simak informasinya berikut ini. (Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)
Benarkah secangkir kopi bisa membuat sakit perut? Simak informasinya berikut ini. (Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)

Alasan Minum Kopi Bisa Membuat Sakit Perut

Rona kesehatan pencernaan
Raka Lestari • 02 November 2018 08:23
Jakarta: Secangkir kopi sebelum memulai aktivitas di pagi hari biasanya menjadi rutinitas yang dilakukan banyak orang. 
 
Memang kopi dianggap sebagai salah satu minuman yang bisa meningkatkan tingkat energi seseorang. Namun ternyata kopi juga bisa memberikan efek samping pada tubuh Anda. 
 
Salah satunya adalah dengan adanya keluhan bahwa setelah minum kopi biasanya dapat membuat seseorang merasa sakit perut sehingga perlu buang air besar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada dasarnya, kopi menstimulasi sistem pencernaan. Kafein adalah "agen pro-motilitas," kata Niket Sonpal, M.D., seorang gastroenterolog dan asisten profesor klinis kedokteran di Touro College of Medicine. 
 
"Setiap kali Anda atau saya mengonsumsi kopi, perut Anda meregang dan mengirimkan sinyal ke usus besar Anda bahwa ada sesuatu yang masuk sehingga harus ada sesuatu yang keluar," katanya. 
 
Alasan Minum Kopi Bisa Membuat Sakit Perut
(Pada dasarnya, kopi menstimulasi sistem pencernaan. Kafein adalah "agen pro-motilitas," kata Niket Sonpal, M.D., seorang gastroenterolog dan asisten profesor klinis kedokteran di Touro College of Medicine. Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Minum Kopi Dingin Tak Bikin Mulas Orang dengan Pencernaan Sensitif)
 
Tubuh Anda mengirimkan sinyal-sinyal itu melalui proses yang disebut peristaltik, yaitu kontraksi otot di seluruh usus Anda yang memindahkan makanan melalui sistem pencernaan Anda dan kopi mempercepat proses itu, kata Rudolph Bedford, M.D., seorang gastroenterologist di Providence Saint John's Health Center. 
 
Selain mempercepat kontraksi tersebut, Bedford mengatakan kafein juga menyebabkan otot-otot usus besar menjadi rileks. 
 
Ini juga berlaku untuk mereka yang sering mengalami kenaikan asam lambung ketika minum kafein, tetapi dalam contoh itu otot sfingter di kerongkongan bawah yang rileks dan mengarah ke refluks, tambah Bedford. 
 
Selain kafein, sifat asam dari kopi juga menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak cairan empedu (sejenis zat pahit, alkalin yang membuat perut Anda tidak nyaman) yang dapat menumpuk di usus Anda.
 
Dan kelebihan cairan empedu menjadi alasan mengapa sebagian orang mengalami diare karena minum kopi, dikutip dari Women's Health. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif