Aroma Lavender Efektif Kurangi Stres
(Foto: Upnature)
Jakarta: Mulai dari minyak esensial, lilin, hingga produk mandi, khasiat menenangkan dari lavender seringkali dijadikan andalan untuk meredakan stres. Namun, beberapa orang tidak yakin benar bahwa lavender benar-benar bisa membantu menenangkan pikiran. 

Sebuah studi terbaru yang melakukan percobaan pada binatang, menunjukkan aroma lavender benar-benar dapat menghilangkan stres. Dari hasil penelitian menunjukkan dengan mencium aroma dari bunga berwarna ungu tersebut, memberikan efek relaksasi serius pada otak binatang.

Efek menenangkan linalool, alkohol alami pada lavender yang memberi aroma unik, adalah hasil aktivasi reseptor neurotransmitter spesifik di otak melalui sel-sel sensorik khusus yang disebut neuron penciuman.


Para ilmuwan juga menemukan bahwa menghirup lavender memiliki efek serupa pada otak seperti mengambil benzodiazepin seperti valium. Jenis obat ini dapat menyebabkan pusing, sedangkan binatang percobaan yang menghirup lavender tidak mengalami efek sampingnya. 

Studi lebih lanjut masih perlu dilakukan dan peneliti percaya lavender dapat digunakan secara klinis dalam waktu dekat. 

Misalnya, lavender dapat digunakan sebelum operasi untuk membantu meringankan stres setelah operasi.

Anda dapat menghirup aroma lavender dari minyak esensial, garam mandi, produk pembersih rumah, pengharum ruangan atau membuat sendiri kantong kecil yang berisi daun lavender. Lavender juga dapat mengusir ngengat, sehingga dapat mencegah pakaian rusak.





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id