Penting mengetahui kondisi atau gejala sembelit. (Foto: Pixabay.com)
Penting mengetahui kondisi atau gejala sembelit. (Foto: Pixabay.com)

Jangan Anggap Remeh Sembelit

Rona kesehatan pencernaan
Anggi Tondi Martaon • 15 Januari 2019 07:00
Jakarta: Sembelit menjadi salah satu gangguan pencernaan yang dihadapi sebagian besar orang. Jangan anggap remeh kondisi ini.
 
Dikutip dari Askdrmanny, seorang pria di Tiongkok menderita sembelit sangat parah. Bahkan, dia harus menjalani operasi untuk mengeluarkan 28 pon limbah atau kotoran dari perutnya.
 
Ada beberapa alasan seseorang menderita sembelit. Untuk kasus pria di Tiongkok, dia mengalami kelainan sejak lahir. Selain kelaninan, sembelit kronis terjadi karena obstruksi yang berkaitan dengan kanker, masalah rektum, neurologis seperti Parkinson, atau cedera saraf tulang belakang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Cara Sederhana Mengatasi Sembelit)
 
Jangan Anggap Remeh Sembelit
(Sembelit menjadi salah satu gangguan pencernaan yang dihadapi sebagian besar orang. Jangan anggap remeh kondisi ini. Foto: Pixabay.com)
 
Bahkan, ketidakseimbangan hormon dan melemahnya otot panggul dapat mengimbangi kebiasaan usus yang normal.
 
Oleh karenanya, penting mengetahui kondisi atau gejala sembelit. Menurut The Mayo Clinic, ciri-ciri sembelit yaitu tidak buang air besar sebanyak tiga kali dalam satu minggu, mengerang saat buang air besar, dan membutuhkan obat pencahar untuk mendapatkan buang air besar.
 
Jika kondisi di atas sudah mulai terasa, ada beberapa langkah awal yang harus dilakukan agar sembelit tidak parah. Pertama, minum banyak air dan meningkatkan asupan serat. Anda juga bisa mempertimbangkan suplemen serat untuk meningkatkan kadar serat dalam waktu singkat.
 
Penderita juga bisa menggunakan obat pencahar. Namun, disarankan langkah ini dilakukan setelah minum air dan meningkatkan asupan serat diterapkan. Jika belum ada kemajuan atau memburuk, maka sangat disarankan untuk segera ke dokter.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif