Kepala pusat kebugaran Anytime Fitness Marvin Burton mengatakan, berjalan-jalan di alam terbuka bisa jadi cara terbaik untuk memerangi depresi. (Foto: Pexels.com)
Kepala pusat kebugaran Anytime Fitness Marvin Burton mengatakan, berjalan-jalan di alam terbuka bisa jadi cara terbaik untuk memerangi depresi. (Foto: Pexels.com)

Tiga Olahraga Sederhana untuk Atasi Depresi

Rona kesehatan psikologi
Torie Natalova • 26 Maret 2019 13:36
Depresi adalah suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Selain bisa berkonsultasi dengan psikolog atas depresi yang dirasakan, penderita depresi juga bisa melakukan olahraga ringan untuk memperbaiki diri dari rasa depresi.
 

 
Jakarta:
Ketika Anda mengalami depresi, sekedar bergerak atau bangun dari tempat tidur bisa terasa sangat sulit. Sebenarnya, olahraga adalah "alat" yang sangat berguna untuk membantu mengurangi beberapa gejala depresi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat Anda olahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang mengeluarkan rasa nyaman serta membantu mengurangi perasaan negatif dan meningkatkan suasana hati Anda. Selain itu, olahraga dapat membantu memecah pikiran yang terus datang sehingga membuat depresi memburuk.
 
Seperti tubuh yang lelah, begitu juga dengan pikiran. Sehingga, olahraga dapat menenangkan pikiran dan mampu untuk berpikir jernih. Namun, jenis aktivitas fisik apa yang paling efektif dalam membantu mengatasi depresi? Ini tiga jenis olahraga yang diyakini efektif mengurangi depresi.
 
(Baca juga: Beda Bipolar dengan Depresi)
 
Tiga Olahraga Sederhana untuk Atasi Depresi
(Kepala pusat kebugaran Anytime Fitness Marvin Burton mengatakan, berjalan-jalan di alam terbuka bisa jadi cara terbaik untuk memerangi depresi. Foto: Pexels.com)

1. Jalan-jalan di luar

Banyak orang menganggap olahraga sebagai aktivitas fisik yang sulit agar efektif. Padahal, terkadang pemikiran tersebut justru terjadi sebaliknya. Latihan keras dapat memicu pelepasan hormon stres kortisol yang sering datang pada tingkat tinggi penderita depresi.
 
Kepala pusat kebugaran Anytime Fitness Marvin Burton mengatakan, berjalan-jalan di alam terbuka bisa jadi cara terbaik untuk memerangi depresi. Penelitian ilmiah juga menunjukkan olahraga di luar ruangan bisa sama efektifnya dengan obat antidepresan untuk mengobati stres ringan hingga sedang.
 
Menurut Marvin, semua yang ditemukan di luar termasuk kontak sosial secara teratur dengan orang di luar rumah, dapat merangsang indra kita dan membantu meningkatkan harga diri juga mengurangi kesepian.

2. Lari

Berlari adalah jenis olahraga yang juga dapat membantu penderita depresi. Berlari dapat memberikan pelarian hebat dari rutinitas sehari-hari dan memungkinkan Anda untuk fokus, berusaha dan mencapai tujuan. Selain itu, berlari adalah salah satu bentuk latihan yang paling mudah dilakukan.

3. Latihan kelompok

Di tengah depresi, mudah untuk ingin menutup diri, menjadi terisolasi dari orang lain. Tapi, cara seperti itu tidak disarankan dan olahraga dalam kelompok mungkin merupakan cara yang baik untuk menghindarinya. Selain pertemanan, memiliki kesempatan untuk berbicara kepada orang-orang dan bersosialisasi saat berolahraga dapat memberikan manfaat besar.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif