Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Makanan yang Tidak Boleh Diberikan kepada Anjing

Rona hewan peliharaan
Sunnaholomi Halakrispen • 04 Juli 2019 12:20
Tak semua makanan dapat diberikan kepada hewan peliharaan kita. Ada sejumlah makanan yang terbilang berbahaya untuk dikonsumsi anjing.
 

Jakarta:
Hewan peliharaan memiliki makanan khusus. Mungkin Anda pernah memberi bekas makanan Anda kepada anjing peliharaan. Tapi nyatanya, tidak semua makanan bisa diterima untuk tubuh hewan kesayangan Anda itu.
 
Dilansir dari pets webmd, ada sejumlah makanan yang terbilang berbahaya untuk dikonsumsi anjing, dinilai dari apa yang terkandung di dalamnya. Mungkin beberapa di antaranya mengejutkan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Alpukat
 
Alpukat baik untuk tubuh manusia karena memiliki serat dan bisa menurunkan kolesterol. Tapi tidak bagi anjing peliharaan Anda. Alpukat memiliki sesuatu yang disebut persin. Konsumsi terlalu banyak menyebabkan muntah atau diare pada anjing.
 
Selain itu, biji alpukat bisa tersangkut di usus atau perut dan penyumbatan bisa terjadi yang kemudian berakibat fatal. Maka, apabila Anda menanam alpukat di rumah, jauhkan anjing Anda dari tanaman itu.
 
2. Anggur dan kismis
 
Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal pada anjing. Bahkan, sedikit saja memberikan dua buah ini bisa membuat anjing Anda sakit, seperti muntah berulang-ulang. Dalam sehari, anjing Anda akan menjadi lesu dan tertekan.
 
3. Susu dan produk susu lainnya
 
Di hari yang panas, mungkin tergoda untuk membagikan es krim dengan anjing Anda. Tapi tindakan itu merupakan hal yang berisiko. Susu dan produk-produk berbasis susu dapat menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya untuk anak anjing Anda. Mereka juga dapat memicu alergi makanan yang dapat menyebabkannya gatal.
 
4. Cokelat
 
Kebanyakan orang tahu bahwa coklat itu buruk untuk anjing. Masalah dalam cokelat ialah theobromine. Ada dalam semua jenis cokelat, bahkan cokelat putih.
 
Cokelat dapat menyebabkan anjing muntah dan diare. Makanan manis ini juga dapat menyebabkan masalah jantung, tremor, kejang, dan kematian.
 
5. Tulang dan lemak
 
Lemak yang diambil dari daging, baik yang dimasak maupun yang tidak dimasak, dapat menyebabkan pankreatitis pada anjing. Sedangkan memberikan tulang pada anjing mungkin sering Anda lakukan.
 
Akan tetapi, tindakan itu berisiko membuatnya tersedak. Tulang juga dapat menyebabkan luka pada sistem pencernaan anjing Anda.
 
6. Telur mentah
 
Beberapa orang memberi makan anjing mereka makanan mentah, salah satunya telur mentah. Tetapi, asosiasi kedokteran hewan besar tidak berpikir itu ide yang bagus. Ada kemungkinan anjing keracunan makanan dari bakteri seperti salmonella atau E. Coli.
 
Makanan mentah lainnya, yakni daging dan ikan mentah, juga memiliki bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Beberapa ikan, seperti salmon, trout, shad, atau sturgeon juga bisa memiliki parasit yang menyebabkan penyakit ikan atau penyakit keracunan salmon.
 
7. Alkohol
 
Alkohol memiliki efek yang sama pada hati dan otak anjing seperti halnya pada manusia. Namun, memberikan sedikit saja bir, anggur, atau makanan dengan alkohol bisa berdampak buruk pada anjing Anda.
 
Selain muntah dan diare, bisa juga mengakibatkan masalah pernapasan, koma, bahkan kematian. Reaksinya pun lebih berbahaya untuk semakin kecil anjing Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif