NEWSTICKER
Langkah pertama untuk menari dengan baik adalah melepaskan rasa tidak aman dan ketakutan Anda. (Foto: Pexels.com)
Langkah pertama untuk menari dengan baik adalah melepaskan rasa tidak aman dan ketakutan Anda. (Foto: Pexels.com)

Tips Menari dengan Baik

Rona kesehatan tips menari
Kumara Anggita • 20 Januari 2020 13:44
Jakarta: Menari dapat dilakukan oleh siapa saja bukan hanya penari profesional. Namun tentunya Anda ingin melakukannya dengan sebaik mungkin agar Anda pun jadi lebih percaya diri.
 
Dilansir dari Healthline, agar Anda bisa menari dengan baik, semua ahli sepakat bahwa yang paling penting adalah bersenang-senang. Selain itu, beberapa tips lain sebagai berikut ini seperti dilansir dari Daniel Bubnis, MS, NASM-CPT, NASE Level II-CSS, specialty dalam fitness yang dilansir dari Healthline.

1. Lepaskan rasa tidak aman dan takut

Langkah pertama untuk menari dengan baik adalah melepaskan rasa tidak aman dan ketakutan Anda. Percaya dirilah.
 
“Menari, baik itu di depan cermin, di kelas, atau di tengah lantai dansa, mengharuskan Anda untuk membungkam suara tersebut di benak Anda yang mengatakan, Anda tidak bisa melakukannya atau orang menilai Anda,” ujar Penari Broadway, koreografer, dan instruktur kebugaran tari Joseph Corella.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menari, katanya, mengharuskan Anda untuk memercayai diri sendiri, memercayai pelatihan Anda, dan memberi diri Anda izin untuk 'terbang' (melepaskan rasa di dalam diri).

2. Mulailah dengan dasar yang kuat

Penari ballroom profesional, Leon Turetsky merekomendasikan agar semua orang melakukan latihan balet, bahkan jika Anda ingin fokus pada tarian lain di kemudian hari ini karena dengan menguasai balet, Anda bisa menguasai segala jenis tarian lain.
 
“Balet akan mengajarkan Anda penyelarasan tubuh yang tepat dan cara menggunakan inti Anda, sehingga apa pun gerakan yang Anda lakukan, Anda akan dapat menemukan keseimbangan Anda," jelasnya.
 
Tips Menari dengan Baik
(Penari ballroom profesional Leon Turetsky mengatakan balet akan mengajarkan Anda penyelarasan tubuh yang tepat. Foto: Pexels.com)

3. Berlatih di luar kelas

Mengambil kelas dansa sangat penting dan membantu kemampuan Anda dalam menari namun hal yang lebih penting lainnya adalah melatih diri sendiri. Hal ini menurut Turetsky dilakukan untuk memperkuat informasi dan memastikan tubuh Anda mengembangkan memori otot yang tepat. Inilah saatnya memiliki cermin di rumah sangat berguna!

4. Kuasai ritme dan waktu sebelum penataan

Turetsky menyebutkan bahwa kebanyakan orang malah fokus pada bagian “styling” yang menyenangkan namun hal yang lebih penting dalam menari adalah mengatur waktu dan ritme dasar.
 
Setelah itu, Anda bisa menambahkan kemampuan Anda di bagian lengan, mencocokkan dengan kepribadian, dan citarasa lainnya.

5. Posisikan diri Anda dengan benar di kelas

Bila Anda ingin cepat menguasai sebuah skill, tak ada salahnya untuk mencari posisi terbaik yang membantu Anda menyerap informasi yang banyak. Misalnya, Anda dapat melakukannya dengan berdiri lebih dekat ke tengah kelas, bukan ke sudut.
 
“Ini sangat membantu bagi pemula karena Anda dapat melihat instruktur dengan baik, dan instruktur dapat melihat Anda dan membantu memberi Anda koreksi,” jelas Penari profesional Jonathan Tylicki.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif