Berikut ini manfaat kunyit. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini manfaat kunyit. (Foto: Pexels.com)

6 Manfaat Kunyit untuk Tubuh Anda

Rona manfaat kunyit
Timi Trieska Dara • 08 April 2020 16:21
Jakarta: Kunyit mungkin suplemen ajaib yang alami. Bumbu beraroma inilah yang memberi kari warna oranye, tetapi lebih dari itu. Ada banyak penelitian yang menunjukkan kemampuan kunyit untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan otak Anda. 
 
Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan jamu pada pasien covid-19 1, 2 dan 3 sebagai buah tangan agar tetap sehat. Dan saat ini Anda juga dapat membuatnya sendiri seperti yang dikenal dengan nama empon-empon.
 
Curcumin dalam kunyit memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Dan berikut ini sejumlah manfaat luar biasa dari kunyit.

1. Efek antiperadangan alami

Peradangan atau inflamasi adalah mekanisme pertahanan yang sangat penting ketika Anda mengalami cedera atau infeksi. Ini membantu tubuh mengisolasi daerah yang terkena dampak dan melawan benda asing. Jadi, ketika Anda makan kunyit atau mengonsumsi suplemen curcumin, Anda mengurangi peradangan di tingkat sel.

2. Meningkatkan kapasitas antioksidan

Antioksidan seperti curcumin berikatan dengan radikal bebas dan menetralisirnya sebelum merusak. 

3. Fungsi otak lebih baik

Neuron di otak kita tidak pernah seaktif di masa kecil, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka tidak terus bertambah banyak dan membuat koneksi baru sepanjang hidup kita. Proses ini didorong oleh hormon pertumbuhan yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, atau BDNF. Penurunan kadar hormon ini diduga berada di belakang kondisi seperti depresi dan Alzheimer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda terkejut bahwa curcumin meningkatkan kadar BDNF di otak? Kemampuan itu bisa menunda atau membalikkan gangguan otak yang berkaitan dengan usia, meningkatkan daya ingat, dan bahkan mungkin membuat Anda lebih pintar. Ini tentu saja dapat meningkatkan mood Anda setiap hari.
 
6 Manfaat Kunyit untuk Tubuh Anda
(Tak melulu jamu, Anda dapat melihat berbagai resep di YouTube soal Turmeric Latte. Foto: Lucy Turner?/Unsplash.com)

4. Turunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung membunuh lebih banyak orang di seluruh dunia daripada yang lainnya. Ini adalah penyakit yang rumit dengan banyak faktor yang berkontribusi, tetapi curcumin mungkin dapat melindunginya. 
 
Seperti sebelumnya, curcumin adalah senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Kedua fungsi tersebut dapat meningkatkan kesehatan jantung.
 
Lebih dari itu, curcumin tampaknya bermanfaat bagi endotelium, atau lapisan pembuluh darah. Masalah dengan endotelium menyebabkan masalah dengan regulasi tekanan darah, pembekuan darah, dan faktor pengaturan jantung lainnya. Satu penelitian menetapkan bahwa curcumin sama efektifnya dengan olahraga dalam meningkatkan kesehatan jantung.

5. Pencegahan kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan yang dihadapi manusia dan hewan. Itu terjadi ketika pertumbuhan sel-sel tertentu menjadi cepat dan tidak terkendali. 
 
Sel-sel kanker yang tidak diperiksa kemudian menumbuhkan tumor dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Ada berbagai bentuk kanker, tetapi beberapa di antaranya mungkin rentan terhadap curcumin. 
 
Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, dan bahkan menyebabkan kematian mereka dalam beberapa keadaan.
 
Dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk menentukan dengan pasti apa peran curcumin dalam pengobatan kanker, tetapi sudah ada bukti meyakinkan bahwa itu dapat membantu mencegah perkembangan kanker sejak awal. Ini benar terutama kanker pencernaan seperti perut atau kanker kolorektal.

6. Pereda sakit

Curcumin setidaknya sama efektifnya dengan obat-obatan antiinflamasi kimia. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit yang dialami oleh penderita radang sendi. 
 
Faktanya, curcumin ternyata lebih efektif daripada obat antiinflamasi untuk orang dengan tipe rheumatoid arthritis. Curcumin juga dapat membantu orang dengan cedera atau rasa sakit setelah berolahraga. Jadi sudah siapkan kunyit untuk Anda buat?

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif