Salmon, trout, herring, sarden, tuna albacore, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. (Foto: Melissa Walker Horn/Unsplash.com)
Salmon, trout, herring, sarden, tuna albacore, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. (Foto: Melissa Walker Horn/Unsplash.com)

Makanan yang Dapat Membantu Meningkatkan Sistem Sirkulasi

Rona kesehatan
Raka Lestari • 29 Januari 2019 09:00
Jakarta: Sistem sirkulasi tubuh Anda membawa darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda. Arteri yang tersumbat dan plak menyebabkan 'kemacetan lalu lintas,' sehingga menunda darah agar tidak masuk ke organ vital Anda. 
 
Dan sebagai hasilnya Anda mungkin akan merasakan kesemutan, mati rasa, atau kram otot tetapi ada beberapa makanan dan rempah-rempah yang mungkin bisa membantu.
 
Dilansir dari Reader's Digest, berikut ini adalah makanan dan rempah-rempah yang dapat membantu sistem sirkulasi Anda:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Dark chocolate
Steven Gundry, MD, seorang ahli jantung dan direktur Pusat Pengobatan Restoratif di Palms Springs mengatakan "Dalam jumlah sedang, cokelat hitam adalah tambahan yang fantastis untuk diet Anda. Cokelat hitam terbukti membantu tubuh Anda memproduksi nitric oxide yang memainkan peran penting dalam melindungi jantung dan pembuluh darah Anda."
 
(Baca juga: Lima Cara Mencegah Peradangan)
 
2. Salmon
Salmon, trout, herring, sarden, tuna albacore, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.  
 
Brooke Alpert, MS, RD, CDN, dari Reversage Nutrition mengatakan salmon yang terkenal dengan omega-3-nya, mengandung sifat pengencer darah alami dan efek antikoagulan. 
 
"Ini memungkinkan peningkatan sirkulasi untuk seluruh tubuh Anda," katanya. Alpert menyarankan untuk memilih salmon hasil tangkapan liar kapan saja memungkinkan.
 

(Kale dapat membantu meningkatkan sistem sirkulasi Anda. Foto: Adolfo Felix/Unsplash.com)
 
3. Jus bit
Minum jus bit adalah cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi. "Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi satu atau dua cangkir jus bit per hari mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi."
 
"Selain itu juga dapat meningkatkan kinerja pada pasien dengan penyakit arteri perifer yang mengalami rasa sakit pada kaki saat berjalan," kata Steven Hertzler, PhD, RD, kepala petugas ilmiah di EAS Sports Nutrition Abbott.
 
4. Cabai rawit
"Cabai rawit membantu memperkuat arteri dan pembuluh darah, yang memungkinkan darah bersirkulasi dengan lebih efisien di seluruh tubuh," kata ahli gizi Jolene Goring. 
 
Meskipun cabai rawit umumnya digunakan dalam masakan, Goring menyarankan menambahkan sejumput cabai ke smoothie buah. "Kepedasan cabai rawit dapat meningkatkan rasa makanan Anda," katanya.
 
5. Kale
Kale dapat membantu meningkatkan sistem sirkulasi Anda. "Kale memiliki kemampuan luar biasa dalam mengisi ulang sel darah merah dan meningkatkan kemampuan darah untuk mengangkut lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh," kata Jacqueline Arnett Elnahar, ahli diet terdaftar di TelaDietitian. Kale kaya akan folat, yang menurut penelitian dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi