Meski sulit mengetahui pemicu peradangan dalam tubuh, Anda dapat mencegah atau menjaga agar peradangan tetap terkontrol dengan baik. (Foto: Tanja Heffner/Unsplash.com)
Meski sulit mengetahui pemicu peradangan dalam tubuh, Anda dapat mencegah atau menjaga agar peradangan tetap terkontrol dengan baik. (Foto: Tanja Heffner/Unsplash.com)

Lima Cara Mencegah Peradangan

Rona kesehatan
Torie Natalova • 24 Desember 2018 15:13
Jakarta: Sulit untuk Anda mengetahui kapan peradangan dalam tubuh dapat terjadi. Peradangan sendiri berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari penyakit ringan hingga kronis.
 
Meski sulit mengetahui pemicu peradangan dalam tubuh, Anda dapat mencegah atau menjaga agar peradangan tetap terkontrol dengan baik dengan lima cara berikut ini.
 
1. Pijat
Pijatan lebih dari sekedar membuat rileks tubuh. Pijat dapat mengurangi hormon stres peradangan. Karena pijat memberikan manfaat jangka pendek, Anda perlu mendapatkan pijat secara teratur. Penelitian menunjukkan, pijat kulit kepala saja selama 15 menit dapat menurunkan kadar kortisol dan tekanan darah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Perbanyak Rempah-Rempah
Rempah-rempah penuh dengan senyawa tanaman antioksidan yang disebut polifenol. Biasakan menggunakan sebanyak mungkin bumbu dan rempah-rempah di setiap masakan. Oregano, thyme, dan basil kering memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan yang segar.
 
3. Hindari Antibiotik
Sebisa mungkin hindari antibiotik jika tubuh tidak memerlukannya karena dapat meningkatkan tingkat peradangan Anda. Antibiotik dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus yang memicu peradangan.
 
4. Makan Telur Utuh
Vitamin D sebenarnya adalah hormon dan jika Anda tidak memiliki cukup vitamin D, tubuh tidak dapat menahan peradangan. Salmon, tuna, dan kuning telur merupakan sumber vitamin D yang tinggi untuk tubuh.
 
5. Coba Latihan Intensitas Tinggi
Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) yang fokus pada serangan aktivitas pendek dan intens serta diselingi dengan periode pemulihan dapat menurunkan peradangan di hippocampus yakni bagian otak tempat emosi kita berasal.
 
Latihan ini juga terbukti dapat mengurangi peradangan pada pasien diabetes tipe 2, serta mereka yang mengalami obesitas. Lakukan HIIT 3 kali seminggu selama 10 menit untuk manfaat terbaik.
 
Waspada Penyakit Sinusitis (1)


 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi