Berikut ini hal yang bisa Anda lakukan saat berbelanja di situasi pandemi covid-19. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini hal yang bisa Anda lakukan saat berbelanja di situasi pandemi covid-19. (Foto: Pexels.com)

Bisakah Terinfeksi Covid-19 dari Makanan?

Rona covid-19 tips belanja saat pandemi covid-19 pandemi
Sunnaholomi Halakrispen • 25 Mei 2020 10:00
Jakarta: Bayangkan jika ada orang yang sedang berada di rak toko atau supermarket, lalu tiba-tiba bersin. Jika beberapa tetesan air liurnya mendarat di atas produk kalengan dan tanpa sadar dia memiliki covid-19, dapatkah Anda menghindarinya? 
 
Celakanya, bisa saja Anda menyentuhnya atau malah membeli barang-barang itu. Maka ada kemungkinan produk itu terkontaminasi virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19. Selain produk kalengan, makanan lain di sekitarnya dalam jangkauan bersin pun berpotensi mengandung tetesan-tetesan bersin. 
 
Menurut sebuah studi 2019 yang diterbitkan dalam Journal of the Royal Society Interface, dikutip The Healthy, bersin dapat berjalan hingga 100 mil atau 0,254 sentimeter per jam dan menciptakan sebanyak 100.000 tetesan. Batuk atau gejala covid-19 lainnya, dapat menempuh 50 mph dan mengeluarkan hampir 3.000 tetesan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, tidak perlu panik. Anda bisa melakukan sejumlah tips keamanan sebelum membeli bahan makanan selama pandemi covid-19. Hal paling penting, menjaga kebersihan dengan menggunakan kandungan bernasis alkohol.
 
Menurut Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat, tidak ada bukti bahwa makanan atau kemasan makanan dapat menyebarkan virus korona baru. 
 
"Virus ini adalah virus yang menyerang pernapasan, bukan perut. Penyebaran covid-19 dari tetesan virus yang terhirup melalui hidung atau mulut," ujar kata Aline M. Holmes, RN, profesor rekanan klinis di Divisi Praktik Perawatan Lanjut di Rutgers School of Nursing di Newark, New Jersey. 
 
Bisakah Terinfeksi Covid-19 dari Makanan?
(Tetap jaga jarak aman satu hingga dua meter dengan orang lain selama Anda berbelanja. Foto: Pexels.com)

Perhatian pada makanan Anda

Akan tetapi, ketika menyangkut keamanan makanan selama covid-19, lebih baik Anda bersikap tetap waspada supaya aman daripada menyesal. Hanya dalam waktu tiga bulan, coronavirus baru telah menjadi pandemi di seluruh dunia dan apa yang dinyatakan para pejabat kesehatan bisa berubah karena adanya perkembangan.
 
Meskipun Anda tidak bisa mendapatkan covid-19 melalui makanan, para ahli kesehatan menyarankan mengambil tindakan pencegahan tertentu untuk meminimalkan potensi risiko. Pertama, masak makanan Anda hingga matang. 
 
Memasak makanan Anda dengan saksama dapat membunuh virus apa pun, termasuk covid-19, jelas Diane Rigassio Radler, PhD, direktur Institute for Nutrition Intervensi di Rutgers School of Health Professions di Newark, New Jersey. 
 
Panaskan kembali makanan yang dibungkus atau beli, sebagai upaya perlindungan ekstra. Namun untuk makanan yang tidak bisa dipanaskan seperti membeli sushi mentah, langkah paling tepat ialah dengan menjaga kebersihan tangan. Cucilah tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir, pada saat sebelum dan sesudah makan. 
 
Tambahan tips dari kami, Anda bisa mencuci kemasan belanjaan yang terbuat dari wadah kaleng atau plastik di rumah setelah dari supermarket atau pasar. Lap bersih kalengnya agar tak timbul karat dan tetap tersimpan bersih. Jika kemasan belanja Anda berbahan kardus semprot dengan disinfektan Anda, sisihkan hingga kering baru simpan.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif