Salah satu manfaat dari akupuntur adalah dapat mengurangi stres. (Foto:Pexels.com)
Salah satu manfaat dari akupuntur adalah dapat mengurangi stres. (Foto:Pexels.com)

Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan Anda

Rona kesehatan
Raka Lestari • 25 April 2019 17:14
Menurut sebuah yang diterbitkan dalam Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, menemukan bahwa akupunktur dapat meredakan inflamasi dan mengubah komposisi tubuh pada orang yang mengalami obesitas.
 

 
Jakarta:
Akupuntur dikenal sebagai salah satu pengobatan alternatif bagi mereka yang memiliki opsi lain selain pilihan medis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain untuk salah satu alternatif dari pengobatan medis, akupuntur juga dianggap dapat membantu dalam menurunkan berat badan.
 
Praktik akupuntur sendiri menggunakan jarum yang steril di beberapa titik pada tubuh Anda untuk meningkatkan aliran chi atau energi.
 
Dan ketika dikombinasikan dengan diet rendah kalori dan olahraga teratur, akupuntur bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.
 
 
Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari akupuntur bagi tubuh Anda:

Mengurangi stres

Salah satu manfaat dari akupuntur adalah dapat mengurangi stres. "Ketika sedang berada di bawah tekanan, seseorang cenderung menghasilkan hormon stres yaitu hormon kortisol secara berlebihan dan itu terkadang mendorong Anda untuk memilih pilihan yang tidak sehat," ujar Tim Rhudy, MS, LAc, ahli akupunktur di Delmar, New York.
 
Selain itu, akupunktur juga dapat  memperlambat produksi kortisol dan dapat membantu mengurangi stres sehingga Anda cenderung kurang memilih pilihan yang tidak sehat.

Mendapatkan energi lebih

"Mendapatkan aliran energi berlebih adalah salah satu efek dari akupuntur dan dengan begitu seseorang akan cenderung mengalami lebih sedikit nyeri sendi dan peradangan. Selain itu, keseimbangan hormon yang memengaruhi metabolisme tubuh juga dapat menimbulkan penurunan berat badan," kata Sharon Zarabi RD, CDN, CPT, direktur program bariatrik di Lenox Hill Hospital di New York.
 
Energi ekstra ini juga penting bagi siapa pun yang ingin menjaga berat badan juga, karena dibutuhkan lebih banyak energi untuk mempertahankannya daripada menurunkan berat badan.
 
(Baca Juga: Akupunktur Bantu Turunkan Berat Badan)
 
 Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan Anda
(Akupunktur juga terbukti merangsang pelepasan endorfin. Foto: Pexels.com)

Meredakan inflamasi

Menurut sebuah yang diterbitkan dalam Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, menemukan bahwa akupunktur dapat meredakan inflamasi dan mengubah komposisi tubuh pada orang yang mengalami obesitas.
 
"Mereka percaya efek akupunktur setidaknya berkaitan dengan  peningkatan penanda pro-inflamasi seperti sensitivitas tinggi protein C-reaktif, yang telah ditemukan berkorelasi positif dengan lemak perut," kata Josh Axe, DNM, CNS, DC, pendiri DrAxe.com, penulis Eat Dirt dan salah satu pendiri Ancient Nutrition.

Merasa lebih baik

"Akupunktur juga terbukti merangsang pelepasan endorfin  yang membuat seseorang merasa lebih baik dan akupuntur juga menangkal makan berlebihan yang disebabkan oleh meningkatnya stres, frustrasi, atau kecemasan," kata Axe.
 
Ia juga menambahkan bahwa kebanyakan orang merasakan adanya peningkatan ketika mereka melakukan akupuntur setidaknya satu bulan atau lebih, namun biasanya sekitar tiga sampai enam bulan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif