Ilustrasi: Chang Liu/Unsplash.com)
Ilustrasi: Chang Liu/Unsplash.com)

Apa itu Kista?

Rona kista ovarium
Timi Trieska Dara • 18 Juli 2019 12:50
Kista adalah benjolan cairan, udara. Perlu tes seperti CT scan, ultrasound, atau biopsi untuk mengonfirmasi bahwa itu adalah kista.
 

Jakarta: Kista adalah benjolan cairan, udara, atau sesuatu lainnya. Kista sangat umum, dan kebanyakan bukan kanker. Perlu tes seperti CT scan, ultrasound, atau biopsi untuk mengonfirmasi bahwa itu adalah kista.
 
Seringkali, kista tidak membutuhkan perawatan, tetapi dokter dapat memberi tahu Anda jika ada. Anda bisa mendapatkan kista di berbagai bagian tubuh dan mungkin tidak tahu bahwa ada kista di sana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Kista jerawat
 
Jerawat muncul ketika minyak dan kulit mati menghalangi pori-pori. Ini sering menyebabkan pertumbuhan kecil atau biasa disebut "bintil," yang hilang dengan sendirinya atau dengan obat-obatan yang dijual bebas. Jika lebih serius atau jerawat menjadi sangat mengganggu, mungkin bisa tumbuh "squishy" besar yang disebut kista. (Pertumbuhan keras disebut nodul). Bicaralah dengan dokter Anda tentang perawatan termasuk antibiotik dan obat-obatan lain untuk kista.
 
2. Kista Baker atau Kista Popliteal
 
Benjolan yang lembut dan berisi cairan dapat terbentuk di bagian belakang lutut jika Anda melukai sendi karena radang sendi, radang, ligamen yang sobek, atau penyebab lainnya. Anda mungkin salah mengartikannya sebagai gumpalan darah. Beristirahatlah dengan kaki terangkat dan kompres dengan es di daerah itu selama 15 menit langsung. Obat antiinflamasi juga bisa membantu. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyarankan operasi atau menggunakan jarum untuk mengeringkannya atau menyuntikkan steroid untuk mengurangi pembengkakan.
 
3. Kista Bartholin
 
Kelenjar Bartholin kecil jauh di bawah kulit di kedua sisi lubang vagina. Kelenjar ini tampaknya bekerja membuat cairan untuk bercinta. Jika sesuatu menghalangi saluran di salah satu kelenjar ini, ia mengisi dengan lendir dan menjadi lebih besar. Bahkan bisa terinfeksi dan membentuk luka yang disebut abses. Dalam kasus yang serius, dokter mungkin melakukan operasi untuk membuat drainase permanen atau menghilangkan kista.
 
4. Kista payudara
 
Anda mungkin melihat satu atau lebih benjolan halus dengan tepi bening di payudara Anda, tetapi Anda tidak selalu bisa merasakannya. Mungkin terasa sakit pada hari-hari sebelum menstruasi atau ketika banyak kafein. Kista ini sangat umum dan lebih mungkin muncul sebelum menopause atau sesudahnya jika Anda mengambil hormon pengganti. Biasanya tidak perlu mengobatinya, tetapi temui dokter guna memastikan mengenai benjolan payudara itu karena mungkin sesuatu yang lebih serius daripada kista.
 
5. Kista Urachal
 
Di dalam rahim, kandung kemih bayi terhubung ke pusarnya melalui saluran yang disebut urachus di usus dinding perut. Jika tidak menutup pada saat Anda lahir, benjolan kecil jaringan dan cairan (kista) dapat tumbuh di sana. Jika terinfeksi, Anda bisa merasakan sakit, demam, dan kencing berdarah. Dokter mungkin memberi Anda antibiotik, mengeringkan atau mengeluarkan kista, dan mungkin memperbaiki daerah itu dengan operasi.
 
6. Kista sebasea
 
Sesuatu menghalangi kelenjar di sekitar rambut (bulu) atau mengiritasi lubang (folikel) yang menahannya. Sering ditemui di wajah, telinga, kepala, batang, atau selangkangan. Benjolan itu tumbuh perlahan di bawah kulit. Biasanya bergerak cukup lembut ketika Anda menyentuhnya. Biasanya tidak sakit, tetapi mungkin tercium bau yang tidak sedap. Yang lebih kecil biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi dokter mungkin perlu mengeringkan atau membuang kista yang lebih besar, bengkak, atau nyeri.
 
7. Kista Pilonidal
 
Rambut rontok didorong kembali ke kulit. Tubuh Anda melihatnya sebagai ancaman dan membuat kantong di sekitarnya yang menahan kulit mati dan cairan. Anda mungkin melihat iritasi pada pangkal tulang belakang di lipatan di pangkal bokong. Jika terinfeksi, itu bisa menjadi sangat menyakitkan dan mungkin perlu dikeringkan atau dihilangkan. Pria muda lebih sering mendapatkannya, seperti halnya orang-orang yang banyak duduk, tidak aktif, atau obesitas.
 
8. Kista Ganglion
 
Adalah benjolan berisi cairan, paling sering di dekat sendi atau tendon di pergelangan tangan atau jari. Tendon atau stres sendi mungkin penyebabnya, tetapi tidak pasti. Mungkin terasa sakit dan kadang-kadang berubah ukuran atau hilang dengan sendirinya. Obat anti-inflamasi atau splint dapat mengurangi rasa sakit. Dalam kasus yang lebih serius, dokter mungkin mengeringkannya dengan jarum atau menghilangkan sepenuhnya.
 
9. Chalazion
 
Minyak dari kelenjar meibom di sekitar kelopak mata menjadi terlalu tebal atau penyumbatnya terbuka. Penyebabnya tidak jelas, tetapi jenis kulit tertentu lebih mudah mendapatkannya. Mungkin tidak terasa sakit kecuali kistanya menjadi cukup besar. Yang benar-benar besar dapat menekan mata dan mengaburkan penglihatan Anda. Biasanya hilang dengan sendirinya dan kompres hangat dapat membantu. Konsultasilah dengan dokter jika ada kista seperti ini.
 
10. Sistiserkosis
 
Telur dari cacing pita babi, parasit, dapat masuk ke makanan atau minuman yang terkontaminasi kotoran. Mereka menetas di usus dan mengirim "oncosphere" bulat kecil melalui darah ke otak, otot, hati, dan organ lain di mana mereka membentuk kista. Dokter mungkin hanya memberi pengobatan jika ada di otak tempat mereka dapat menyebabkan sakit kepala, kejang, kebingungan, atau masalah lain. Anda mungkin disarankan mengonsumsi steroid untuk meredakan peradangan.
 
11. Spermatocele
 
Kista ini terbentuk di dalam epididimis, tabung melingkar di dalam skrotum pria yang terhubung ke testisnya dan membantu sperma bergerak. Tampaknya terjadi ketika sperma menumpuk di ujung tabung. Ini bukan kanker dan biasanya tidak sakit, tetapi dokter harus memeriksa untuk memastikan. Biasanya hilang dengan sendirinya. Sekitar sepertiga dari semua pria akan mendapatkan spermatocele dalam hidup mereka.
 
12. Kista Dermoid
 
Kista ini terjadi sebelum Anda lahir jika lapisan kulit Anda tidak tumbuh bersama dengan baik. Biasanya di kepala, leher, atau wajah. Itu menyebabkan kantong yang memerangkap kulit, folikel rambut, kelenjar keringat, darah, lemak, kuku, gigi, dan struktur lainnya. Mungkin tidak akan terlihat sampai cairan menumpuk dan membuatnya lebih besar, kadang-kadang bertahun-tahun setelah kelahiran. Maka itu ia terlihat seperti benjolan kecil dengan kulit di atasnya yang mudah digerakkan. Dokter kemungkinan akan mengangkat kista melalui operasi.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif