Hindari stunting sejak dalam masa kandungan. Foto: Dok/Metro TV
Hindari stunting sejak dalam masa kandungan. Foto: Dok/Metro TV

Hindari Stunting Sejak Dalam Masa Kehamilan

Rona stunting IDAI
MetroTV • 24 November 2021 18:16
Jakarta: Stunting merupakan gangguan tumbuh kembang yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang dan stimulasi psikososial yang tidak memadai, terutama pada masa seribu hari pertama kehidupan. Stunting dapat dideteksi bahkan sejak dalam kandungan.
 
Anak dikatakan menderita stunting ketika panjang badan atau tinggi badan anak di bawah minus dua standar deviasi, menurut kurva atau grafik pertumbuhan World Health Organization (WHO). Berat badan berdasarkan tinggi badan anak berada di bawah normal.
 
"Jadi stunting perawakan pendek yang dasarnya malnutrisi kronik atau juga infeksi berulang atau sebab lain. Tetapi tidak semua perawakan pendek itu stunting," jelas Ketua Umum IDAI Piprim Basarah Yanuarso dalam program Newsline di Metro TV, Rabu, 24 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Piprim menyebut stunting dapat dideteksi sejak bayi, bahkan sejak masih dalam masa kehamilan. Pemerintah melalui Permenkes Nomor 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak sudah menyarankan agar bayi harus diukur secara rutin berat dan panjang badannya di pos layanan terpadu (Posyandu) untuk mendeteksi stunting.
 
Selain itu, Piprim menyarankan agar ibu hamil menjaga kandungannya dengan memperhatikan berat janin. Bayi yang lahir dengan berat rendah, baik prematur atau pertumbuhannya terhambat dapat membuatnya berpotensi stunting di kemudian hari.
 
Menurut Piprim, ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup untuk mencegah terjadinya stunting pada calon bayi. Bahkan, Piprim mengatakan kecukupan nutrisi harus sudah terpenuhi sejak sang ibu masih remaja.
 
"Remaja putri juga harus tercukupi nutrisinya, jangan sampai pada saat dia hamil dalam kondisi malnutrisi," kata Piprim. (Widya Finola Ifani Putri)
 
(MBM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif