Dr. dr. Basuni Radi, Sp.JP (K) dalam acara AFCC memaparkan bahwa olahraga dapat memberikan berbagai manfaat seperti melebarkan pembuluh darah. (Foto: Pexels.com)
Dr. dr. Basuni Radi, Sp.JP (K) dalam acara AFCC memaparkan bahwa olahraga dapat memberikan berbagai manfaat seperti melebarkan pembuluh darah. (Foto: Pexels.com)

Olahraga Bisa Memperbaiki Pasien Gagal Jantung

Rona kesehatan jantung ASEAN Federation of Cardiology Congress (AFCC)
Kumara Anggita • 22 September 2019 12:13
Tangerang: Olahraga bukanlah hal yang dilarang untuk orang yang mengalami gagal jantung. Dengan cara yang tepat, ini bisa memberikan dampak yang baik pada tubuh.
 
Dr. dr. Basuni Radi, Sp.JP (K) memaparkan bahwa pertama, olahraga diketahui dapat memberikan berbagai manfaat seperti melebarkan pembuluh. 
 
"Ada efek-efek olahraga yang berefek terhadap endotel. Endotel itu jaringan di sebelah lapisan sebelah dalam dari pembuluh darah," ungkapnya pada Medcom.id dalam acara ASEAN Federation Cardiology Congress (AFCC) di ICE BSD, Tangerang, Sabtu, 21 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setiap ada peningkatan denyut nadi, setiap ada peningkatan tekanan namanya shear stress. Shear stress itu terhadap endotel memberikan efek baik. Salah satunya pembuluh darah bisa melebar," lanjutnya.
 
Olahraga Bisa Memperbaiki Pasien Gagal Jantung
(Olahraga bukanlah hal yang dilarang untuk orang yang mengalami gagal jantung. Dengan cara yang tepat, ini bisa memberikan dampak yang baik pada tubuh. Foto: Pexels.com)
 
Kedua, olahraga bisa membuat otot menjadi lebih tidak gampang lelah. Mereka yang melakukan latihan beban jantungnya jadi lebih ringan.
 
"Yang kedua, efek besarnya biasanya terhadap jenis otot. Orang gagal jantung itu terjadi perubahan jenis otot. Sama seperti orang yang lama terbaring. Karena lama terbaring jenis ototnya berubah jadi jenis otot yang gampang capek," lanjutnya.
 
"Yang gampang capek itu dengan dilatih exercise akan berubah jadi jenis otot yang lebih bagus. Itulah kenapa orang dengan kelainan jantung, gagal jantung dan lain-lain bisa jadi tingkat kebugarannya lebih bagus," katanya.
 
"Karena bukan pompa jantungnya yang jelek jadi kuat pompanya tapi beban jantungnya jadi ringan," pungkasnya.
 
Selain itu, olahraga juga membuat oksigen dengan mudah diambil oleh otot. "Pembuluh darahnya di perifer Atau dipinggir ini jadi bagus. Ototnya jadi bagus. Dalam otot ada enzim-enzim. Ini yang mempermudah penangkapan oksigen digunakan dalam otot. Itu lebih mudah nangkap oksigen dalam darah sehingga ototnya tetap kuat," ungkapnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif