Beberapa orang merasa haus setelah makan mi instan. (Ilustrasi/Pexels)
Beberapa orang merasa haus setelah makan mi instan. (Ilustrasi/Pexels)

Mengapa Kita Cepat Haus Setelah Makan Mi Instan?

Rona mi instan
Kumara Anggita • 03 Juli 2020 11:08
Jakarta: Beberapa orang merasa haus setelah makan mi instan. Hal ini bikin tak nyaman dan buat kita jadi curiga dengan mi instan tersebut.
 
Kira-kira apa alasan di balik rasa haus sehabis makan mi instan ya? Berikut penjelasannya oleh Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Spesialis Penyakit Dalam.
 
Ia mengungkapkan bahwa terdapat cukup banyak natrium di dalam satu bungkus mi instan.  “Di sini natriumnya 1 gram. Jadi 1070 mg sedangkan kebutuhan kita orang normal sehari-hari itu hanya sekitar 1,5 gram-2 gram. Jadi artinya, kalau kita konsumsi dua, sudah berlebihan natrium yang kita konsumsi sehari,” jelasnya dalam Instagram Live dengan tema Apa Kata Dokter: Berbagai Pertanyaan Seputar Konsumsi Mie Instan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, natrium ini sifatnya menarik air. “Oleh karena itu bisa saja jadi merasa haus, kering.  Jadi unsur dari natrium itu bisa seperti itu,” ungkapnya.
 
Ia juga mengungkapkan beberapa kandungan di bumbu bisa saja membuat sakit tenggorokan untuk beberapa orang. Untuk itu, Anda bisa mengakali makan mi instan ini dengan mengurangi penggunaan bumbunya atau porsinya.
 
“Apalagi kalau sakit tenggorokan bisa saja komponen-komponen dari bumbunya ini yang merangsang tenggorokannya. Memang ada beberapa pasien atau orang-orang yang merasa tidak nyaman. Iritasi dengan bumbu tersebut.  Tapi sekali lagi kalau buat yang tidak ada masalah silahkan saja (konsumsi),” paparnya.
 
Saat Anda merasa haus, pastikan Anda minum yang cukup. Ini adalah permintaan badan Anda sendiri untuk mengimbangi sesuatu.
 
“Lalu karena juga mengandung karbohidrat, kita harus mengimbangi dengan minum yang cukup,” jelasnya.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif