10 porsi buah dan sayuran bisa mencegah penyakit. (Foto: Pixabay)
10 porsi buah dan sayuran bisa mencegah penyakit. (Foto: Pixabay)

Porsi Ideal Mengonsumsi Sayur dan Buah untuk Mencegah Penyakit

Rona tips kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 22 Agustus 2019 12:10
Jakarta: Sebuah studi baru menunjukkan rahasia agar seseorang jauh dari beragam penyakit. Hal itu dilakukan dengan mengonsumsi 10 porsi buah dan sayur setiap hari.
 
Penelitian yang dilakukan oleh Imperial ilmuwan dari College London ini menyarankan seseorang mengonsumsi 800 gram buah-buahan dan sayuran untuk mencegah penyakit.
 
Bahkan peneliti meyakini, jika kebiasaan ini diterapkan, hal ini dapat menghambat sekitar 7,8 juta kematian dini tahunan yang terjadi di seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam penelitian tersebut, para ilmuwam menganalisis 95 studi yang berbeda. Studi ini kira-kira mencakup masalah kesehatan 2 juta orang di seluruh dunia.
 
Selain itu, peneliti juga memeriksa hingga 43 ribu penelitian terkait kasus penyakit jantung, 47 ribu kasus stroke dan 81 ribu kasus penyakit kardiovaskular. Peneliti juga menganalisis 112 ribu kasus kanker dan 94 ribu kematian.
 
Hasilnya, para peneliti menemukan orang yang rutin mengonsumsi lima jenis sayuran dan buah setiap hari cenderung lebih sehat ketimbang yang tidak melakukannya. Akan tetapi, menurut peneliti, porsi tersebut masih kurang cukup.
 
“Kami ingin menyelidiki berapa banyak buah dan sayuran yang perlu Anda makan untuk mendapatkan perlindungan maksimal terhadap penyakit, dan kematian dini. Hasil kami menunjukkan bahwa meskipun lima porsi buah dan sayuran baik, tapi jika 10 porsi sehari dilakukan, maka akan lebih baik lagi,” kata penulis utama, Dagfinn Aune, seperti dikutip Times of India.
 
Porsi Ideal Mengonsumsi Sayur dan Buah untuk Mencegah Penyakit

 
Aune mengatakan, pihaknya merekomendasikan seseorang untuk mengonsumsi 10 jenis buah dan sayuran setiap hari. Adapun sepuluh jenis buah dan sayuran yang baik dikonsumsi adalah jeruk, brokoli, apel, pisang, tomat, kol, biji jintan, anggur, kacang polong, dan kacang hijau.
 
Meski begitu, Aune mengaku seseorang bakal kesulitan memasukkan 10 porsi buah dan sayuran dalam menu makanan setiap hari. Untuk itu, Aune memberikan jalan keluar yang mudah agar buah dan sayuran tersebut bisa dikonsumsi. Berikut tips yang diberikan Aune:
 
1. Mulailah hari dengan memasukkan jus jeruk segar ke sarapan Anda. Atau, Anda juga bisa menambahkan buah segar sebagai topping ke mangkuk sereal Anda.
 
2. Pada saat makan siang, Anda bisa memanggang brokoli, kembang kol dengan tomat. Agar rasanya lebih nikmat, Aune menyarankan menggunakan minyak zaitun dengan biji jintan dalam menu makan siang tersebut.
 
3. Siapkan satu apel dan satu pisang utuh sebagai camilan sore Anda. Ketika menjelang makan malam, bisa mulai menyeduh smoothie yang terdiri dari anggur dan buah beku. Ini sempurna untuk mengekang rasa lapar.
 
4. Makan banyak sayuran hijau, termasuk kacang polong dan kacang hijau saat makan malam tiba. Hal ini merupakan paket nutrisi lengkap harian manusia.
 
"Seluruh paket nutrisi ini bermanfaat untuk Anda peroleh demi menjaga kesehatan. Yaitu dengan makan buah-buahan dan sayuran yang penting," tandasnya.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif