Ilustrasi- Pexels
Ilustrasi- Pexels

Manfaat Vaksinasi Influenza untuk Para Traveler

Rona wisatawan influenza
Kumara Anggita • 26 November 2019 15:04
Jakarta: Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM., Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia menganjurkan Anda untuk vaksinasi influenza sebelum pergi berlibur. Vaksinasi tentunya akan memberi banyak manfaat baik untuk Anda dan bisa Anda lakukan setahun sekali.
 
“Influenza adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi paling umum pada traveler, khususnya yang mengikuti perjalanan dengan transportasi umum dan kelompok besar peserta seperti umrah atau haji,” papar Dokter Iris0.
 
Manfaatnya dari vaksinasi influenza beragam. Salah satunya bisa menghindari Anda dari komplikasi yang menyebabkan kematian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa, sekitar lima hingga sepuluh persen orang dewasa dan 20 hingga 30 persen anak-anak terkena influenza setiap tahunnya. Serta sekitar 290.000 hingga 650.000 orang meninggal dunia karena influenza.
 
“Vaksinasi dapat mencegah komplikasi influenza seperti radang paru, perawatan di rumah sakit atau bahkan kematian akibat gangguan saluran nafas berat,” jelasnya.
 
Jadi kemana pun Anda pergi baik berjalan-jalan di dalam atau luar negeri, pastikan Anda mendapatkan vaksinasi influenza sebelum berangkat.
 
“Vaksinasi influenza sebaiknya diberikan pada setiap traveler baik domestik dan internasional untuk mencegah risiko gangguan kesehatan individu akibat influenza selama perjalanan,” ungkap Dokter Iris.
 
Lebih lanjut, Dokter Iris menekankan Anda untuk melakukan vaksinasi influenza tahunan. Secara medis, respons imunitas tubuh terhadap vaskinasi menurun seiring waktu, sehingga vaksinasi influenza harus dilakukan setahun sekali untuk proteksi yang lebih optimal.
 
"Selain itu, strain virus influenza yang dominan menyebar di seluruh dunia berubah setiap tahunnya, sehingga formula vaksin flu harus disesuaikan setiap tahun," paparnya.
 
Sementara itu menurut dr. Dhani Arifandi, Head of Medical Sanofi Pasteur Indonesia, influenza adalah 'virus pintar'. Penyakit ini bisa berubah setiap tahun untuk menyerang sistem kekebalan tubuh.
 
"Vaksinasi merupakan investasi kesehatan di masa depan. Semua orang, termasuk yang sehat pun, beresiko terkena influenza. Oleh karena itu, kami pun bermitra dengan Kementrian Kesehatan, Indonesia Influenza Foundation, dan Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya vaksin influenza, khususnya menjelang musim liburan akhjr tahun. Kami berharap, masyarakat dapat melakukan pencegahan melalui vaksinasi influenza sehingga dapat menjalani hidup yang bermakna," jelasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif