Ilustrasi--Posisi tidur bisa memengaruhi kualitas tidur Anda--Pexels.
Ilustrasi--Posisi tidur bisa memengaruhi kualitas tidur Anda--Pexels.

Posisi Tidur bisa Memengaruhi Kesehatan

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 27 Juni 2019 15:09
Posisi tidur ternyata memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Selain itu, posisi tidur juga mempengaruhi seberapa lama Anda terbangun.
 

Jakarta: Posisi tidur bisa memengaruhi kualitas tidur Anda. Sebab, ketika salah posisi tidur, saat terbangun Anda bisa sakit di bagian punggung atau leher.
 
Posisi tidur Anda dapat dikaitkan dengan hal lain seperti sakit mendengkur dan seberapa sering Anda terbangun di malam hari. Berikut penjelasan posisi tidur memengaruhi kesehatan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Tidur tengkurap
 
Apakah Anda terbiasa tidur dengan posisi tengkurap? Jika demikian, apakah Anda memiliki masalah tidur? Anda mungkin cenderung gelisah dan memutuskan membalikkan posisi perut ke bawah untuk merasa nyaman ketika Anda tidur. 
 
Akan tetapi, posisi ini bisa membuat leher dan punggung Anda merasa tegang dan pegal. Jika posisi ini yang Anda sukai, menggunakan bantal yang sangat lembut atau tidak memakai bantal sama sekali bisa menjadi solusi untuk menjaga leher Anda tetap nyaman.
 
Sementara itu, ketika Anda tidur tengkurap dengan tangan di sekitar bantal dan kepala Anda menghadap ke samping, beberapa penelitian menunjukkan Anda cenderung gemar berbicara dan bersosialisasi serta ramah. Anda juga tidak terlalu menerima atau terbuka terhadap kritik.
Posisi Tidur bisa Memengaruhi Kesehatan
Ilustrasi--Pexels
 
2. Tidur terlentang
 
Posisi ini dapat menyebabkan sakit punggung bawah bagi sebagian orang. Jika Anda telah merasakannya, bisa memperburuk kondisi punggung apabila posisi tidur seperti ini terus Anda terapkan. 
 
Ketika Anda mendengkur atau menderita apnea saat tidur atau bernapas dengan tempo yang cepat, itu bisa membuat masalah yang lebih besar juga. Apabila Anda memiliki salah satu masalah ini dan tidak bisa merasa nyaman dengan cara lain, bicarakan dengan dokter tentang apa yang harus Anda lakukan.
 
3. Tidur menyamping
 
Ada banyak cara untuk tidur miring atau menyamping, seperti tangan ditempelkan di pipi, posisi kaki dan tangan lurus, posisi lutut ditekuk, dan cara lainnya. Tetapi, yang paling nyaman ialah ketika Anda menekuk sedikit lutut Anda ke dekat dada atau perut bagian atas.
Tubuh Anda bisa merasa nyaman dan hangat dengan posisi tidur ini. Namun, risiko kesehatannya bisa saja Anda merasa sesak napas atau sakit pada bagian perut karena merasa tergencet tanpa kesadaran penuh saat tidur.
 
Ketika tidur dan Anda mendengkur, tidur dengan posisi menyamping dapat menjadi solusi untuk menjaga tingkat kebisingan. Alternatif lainnya, tidur telentang dengan menumpuk beberapa
bantal. 
 
Temui dokter Anda jika mendengkur saat tidur membuat Anda terengah-engah atau merasa lelah saat terbangun dari tidur. Mendengkur yang keras bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin menderita sleep apnea atau kondisi pernapasan yang berhenti secara tiba-tiba ketika Anda tidur. Ini dapat menyebabkan stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.
 
Bagi para ibu hamil, posisi tidur menyamping bisa membuat tidur Anda nyaman. Juga lebih sehat untuk Anda dan bayi Anda. Sisi kiri mungkin lebih baik, karena mungkin mendapatkan lebih banyak darah dan nutrisi untuk bayi Anda. 
 
Jika mengalami sakit punggung, letakkan bantal di bawah perut untuk menopang berat badan. Cara ini juga bisa membantu Anda menekuk lutut dan meletakkan bantal di antara kaki Anda.
 

 
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif