Hindari Makanan Berikut untuk Cegah Osteoporosis (Foto: shutterstock)
Hindari Makanan Berikut untuk Cegah Osteoporosis (Foto: shutterstock)

Hindari Makanan Berikut untuk Cegah Osteoporosis

Rona osteoporosis
Sri Yanti Nainggolan • 14 Januari 2017 18:35
medcom.id, Jakarta: Osteoporosis atau keropos tulang adalah penyakit yang banyakan terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Namun, selain usia, ternyata makanan juga bisa memicu penyakit satu ini.
 
Kekurangan kalsium dan vitamin D adalah penyebab utama dari tulang yang tak kuat. Namun, kelebihan makanan juga bisa memicu osteoporosis. Berikut adalah jenis makanan yang bisa membuat proses pengeroposan tulang makin cepat.
 
1. Terlalu banyak protein
Sufat dalam makanan berprotein menyebabkan kalsium dalam tulang keluar. Oleh karena itu, hindari konsumsi makanan berprotein secara berlebihan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Minuman berkafein
Sebuah studi mengungkapkan bahwa minum terlalu banyak kopi (lebih dari 4-5 cangkir per hari) dapat meningkatkan risiko patah tulang. Selain itu, minuman soda juga bisa memicu keropos tulang, terutama pada wanita.
 
3. Retinol pada vitamin A
Sebuah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa wanita yang mengkonsumsi vitamin A dengan dosis lebih dari tiga ribu mikrogram memiliki risiko lebih besar mengalami patah tulang pinggul. Retinol vitamin A terdapat pada hati, kuning telur, produk susu, dan suplemen makanan.
 
4. Makanan tinggi sodium
Sodium yang terlalu banyak dapat menyebabkan eksresi kalsium melalui urin dan keringat. Oleh karena itu, hindari konsumsi garam meja secara berlebihan.
 
5. Makanan oksalat
Oksalat adalah bentuk lain dari dalam yang membuat serapan kalsium untuk tulang terhalang jika terdapat pada makanan yang mengandung dua nutrisi tersebut secara bersamaan, misalnya ubi jalar.
 
6. Dedak gandum
Dedak gandum adalah jenis makanan yang mengurangi penyerapan kalsium, bahkan ketika dimakan bersama dengan makanan yang kaya kalsium. Makanan tersebut berisi fitat yang mengganggu proses penyerapan kalsium dalam tubuh.
 
7. Alkohol
Konsumsi berlebih pada alkohol jelas memberi dampak buruk, termasuk mengurangi kepadatan tulang karena menganggu penyerapan kalsum dan vitamin D untuk tubuh.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif