Makanan berjamur tak sengaja tertelan? Rudolph Bedford, MD, ahli gastroenterologi di Providence Saint John's Health Center menerangkannya untuk Anda. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)
Makanan berjamur tak sengaja tertelan? Rudolph Bedford, MD, ahli gastroenterologi di Providence Saint John's Health Center menerangkannya untuk Anda. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Makanan Berjamur Tertelan? Ini yang akan Terjadi

Rona kesehatan pencernaan
Raka Lestari • 04 Maret 2019 18:52
Makanan berjamur tak sengaja tertelan? Menurut Rudolph Bedford, MD, ahli gastroenterologi di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California, Amerika mengatakan Anda tetap baik-baik saja. Ia menambahkan untuk menunggu dan melihat apakah gejala Anda meningkat lebih dari mual. Jika itu terjadi, sebaiknya Anda meminta bantuan kepada dokter.
 

Jakarta:
Mungkin Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda tidak sengaja mengonsumsi makanan yang sudah berjamur. Dan ketika mengalami hal tersebut, pasti Anda akan bertanya-tanya apakah ini berbahaya bagi tubuh Anda. Lalu apa hal yang harus Anda lakukan jika Anda tak sengaja menelan makanan tersebut?
 
Menurut Rudolph Bedford, MD, ahli gastroenterologi di Providence Saint John's Health Center  di Santa Monica, California, Amerika Anda tetap akan baik-baik saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang memakan jamur, satu hal yang jarang terjadi ketika makanan berjamur adalah bahwa menelan jamur dapat membuat Anda sakit.
 
"Anda tidak akan mati karenanya," kata Dr Bedford. Ia menambahkan Anda bisa mencernanya seperti makanan lain selama sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi yang baik.
 
Makanan Berjamur Tertelan? Ini yang akan Terjadi
(Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Dampak Masalah Pencernaan bagi Tubuh)
 
Jamur, atau jamur mikroskopis, biasanya akan berada pada tanaman dan produk hewani setelah diangkut melalui udara, air, atau serangga.  
 
Jamur bisa berbahaya, tetapi biasanya tidak. Mereka bahkan sengaja ditambahkan pada beberapa makanan, seperti ham dan keju, seperti blue cheese, gorgonzola, brie, dan camembert, dan mereka semua benar-benar aman dikonsumsi.
 
Tetapi bagaimana dengan jamur yang terdapat pada sayuran? Mungkin membuat Anda merasa sakit, tetapi Dr Bedford mengatakan ini kemungkinan besar karena jamur rasanya tidak enak, bukan karena racun tertentu.
 
Sebelum Anda terburu-buru menghubungi dokter, Dr Bedford mengatakan untuk menunggu dan melihat apakah gejala Anda meningkat lebih dari mual.
 
"Perut adalah lingkungan yang keras, jadi, sebagian besar bakteri dan jamur tidak akan bertahan hidup," jelasnya.
 
"Sangat tidak biasa bahwa Anda akan (benar-benar) sakit akibat jamur," kata Dr Bedford.
 
"Saya mungkin memaksa pasien yang mengalami diare untuk mencoba mengeluarkan seluruh makanannya (sengaja meminta memuntahkannya)," kata Dr Bedford. Atau, ia akan meresepkan obat anti mual atau memaksakan muntah.
 
Dr Bedford juga mengatakan selama 30 tahun menjadi dokter, ia mengatakan belum pernah menemukan kasus di mana ada seseorang yang memerlukan perawatan intensif karena jamur yang tertelan, meskipun itu mungkin bisa saja terjadi.
 
Namun jika Anda khawatir dengan kejadian serupa periksakan kesehatan pencernaan Anda ke beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Rumah Sakit Islam Jakarta, atau Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Jakarta.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif