Orang yang menunjukkan perilaku aneh atau jauh berbeda dari orang nomal sebaiknya segera diatasi untuk menghindari jangan sampai penyakitnya berlanjut. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Orang yang menunjukkan perilaku aneh atau jauh berbeda dari orang nomal sebaiknya segera diatasi untuk menghindari jangan sampai penyakitnya berlanjut. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Orang dengan Perilaku Aneh Harus Segera Ditangani

Rona psikologi kesehatan mental
Sunnaholomi Halakrispen • 16 Agustus 2020 12:00
Jakarta: Orang yang menunjukkan perilaku aneh atau jauh berbeda dari orang nomal, tidak boleh dibiarkan. Bisa saja tindakan orang tersebet pertanda adanya gangguan kejiwaan. Menurut Direktur Utama RSJ Dharmawangsa Dr. dr. Richard Budiman, Sp.KJ(K), harus segera ditangani.
 
"Pada seseorang gangguan jiwa itu awalnya ada gejala yang sedikit aneh, itu sebaiknya segera diatasi. Jadi segera kontrol ke dokter untuk mencegah jangan sampai berlanjut penyakit ini," ujar Dr. Richard kepada Medcom.id.
 
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa itu memaparkan, semakin cepat kita mengatasi situasi orang itu, maka bertambah besar juga kemungkinan untuk baiknya. Apabila sebaliknya atau penanganannya keliru, maka bisa berdampak fatal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, jika kita mengikuti budaya yang selama ini ada di Asia, kata Dr. Richard. Ketika ada orang mengalami gangguan jiwa, segera dianggap kesurupan, kerasukan roh jahat, atau sebagainya.
 
"Biasanya larinya dibawa ke dukun atau orang pintar. Karena dibawa ke sana masih begitu (tidak membaik), dianggap dukunnya tidak mumpuni. Padahal kalau lewat dari satu bulan penyakit skizofrenia ini akan menjadi menetap," jelasnya. 
 
 

 
Alih-alih ingin mengobati gangguan orang lain dengan pergi ke dukun, malah berakibat fatal. Sebab, orang dengan perilaku aneh bisa saja terganggu jiwanya yang disebabkan oleh beragam hal. 
 
Misalnya, gangguan psikotik dengan skizofrenia atau orang itu mungkin mengonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkotika. Efeknya, orang itu lupa diri dan merasa dirinya terancam oleh lingkungan di sekitarnya.
 
Maka, orang yang terganggu jiwanya harus segera mendapatkan penanganan yang tepat oleh dokter atau psikiater.
 
"Kalau dia dalam keadaan akut kurang dari satu bulan segera ditangani secara medis, untuk menjadi baiknya itu besar sekali. Ini yang perlu diketahui oleh masyarakat. Jadi bawa ke pelayanan kesehatan agar ditangani dengan benar," ucapnya.
 
"Apa pun pemikiran kita, entah kemasukan setan atau gila. Kalau kita tangani dengan benar atau cepat, bisa mengatasinya dan membuat masa depan orang tersebut menjadi lebih baik," tambahnya.
 
(TIN)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif