Beberapa olahraga bagus untuk keterampilan motorik halus Anda. (Foto: Pexels)
Beberapa olahraga bagus untuk keterampilan motorik halus Anda. (Foto: Pexels)

Ide Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di Tempat Tidur

Rona olahraga di rumah
Kumara Anggita • 21 Mei 2020 14:15
Jakarta: Masa pandemi covid-19 membuat kita malas untuk melakukan sesuatu. Meskipun hal tersebut bisa menyehatkan tubuh kita, seperti berolahraga.
 
Padahal kita butuh menjaga kebugaran dengan berolahraga. Untungnya, sekarang ada beberapa olahraga atau latihan, meski Anda masih berada di atas tempat tidur. Latihan apa saja itu?
 
Berikut beberapa latihan yang bisa Anda lakukan di tempat tidur oleh Debra Strougo, pelatih pribadi bersertifikat dan pendiri konsep kebugaran butik Row House yang dilansir dari Bustle:

-Lingkaran pergelangan kaki

Berbaring telentang, luruskan kaki Anda. Gunakan jempol kaki Anda sebagai penunjuk untuk membuat lingkaran sebesar yang Anda bisa dengan menggerakkan pergelangan kaki ke arah berlawanan, seperti  jarum jam "O." Lacak lingkaran selama 20 detik, lalu kembali ke arah lain. Ganti kaki dan ulangi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika lingkaran ini mungkin tidak tampak seperti 'olahraga' Mecayla Froerer, pelatih pribadi bersertifikat dan direktur komunitas pelatihan pribadi di rumah Pelatihan iFit, punya penjelasan bahwa olahraga ini bermanfaat.
 
Ide Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di Tempat Tidur
 
"Berolahraga bukan hanya tentang bernapas. Ketika individu menjadi tidak aktif, persendian mulai menegang, mengakibatkan rasa sakit dan ketidaknyamanan," kata Froerer.
 
"Anda bisa menganggap latihan rentang gerak sebagai cara yang bagus untuk 'menambahkan minyak ke persendian' dan membuatnya tetap sehat dan mengalir dalam gerakan sehari-hari,” tambahnya.

-Lingkaran lutut

Tekuk lutut hingga sudut 90 derajat. Bayangkan laser pointer ada di tempurung lutut Anda dan gambar lingkaran ke arah langit-langit dengan lutut Anda. Letakkan kedua telapak tangan Anda pada lutut untuk stabilitas dan biarkan tangan Anda membantu Anda bergerak berlawanan arah jarum jam, lalu searah jarum jam. Luangkan 20 detik untuk setiap arah.

-Lingkaran lengan

Rentangkan tangan Anda ke samping dan lacak lingkaran dengan jari telunjuk Anda. Buat lingkaran sebesar atau sekecil yang Anda bisa, jangan lupa untuk bereksperimen menemukan apa yang terasa enak.
 
Bergeraklah melalui satu arah selama 20 detik. Pastikan Anda meratakannya dengan menelusuri lingkaran di arah lainnya.

-Lingkaran bahu

Gerakan badan Anda dengan santai sehingga kepala Anda berada di kasur. Selipkan pundak Anda ke atas ke arah telinga Anda, lalu tekan bilah bahu Anda sehingga pundak Anda jatuh kembali ke tempat tidur.
 
Tekan ke bawah ke pinggul Anda, lalu gulung kembali ke langit-langit dan kembali ke telinga Anda. Selesaikan sekitar lima atau enam lingkaran ini, lalu balikkan gerakan untuk lima atau enam repetisi lainnya.

-Lengan dan kaki alfabet

Latihan ini memang terasa konyol, tetapi lebih menantang daripada yang terlihat. Rentangkan sepenuhnya kaki Anda. Angkat sedikit, lacak alfabet dengan jari kaki besar Anda. Istirahatkan kaki Anda dan lakukan hal yang sama dengan tangan Anda ke samping.
 
"Ini bagus untuk keterampilan motorik halus Anda, untuk otot kecil Anda, untuk mobilitas Anda, dan tentu saja untuk konsentrasi Anda,” kata Strougo.
 
“Ini Membawa fokus penuh Anda pada apa yang Anda lakukan saat ini (sebagai lawan dari kecemasan minggu ini) mungkin persis seperti yang Anda butuhkan untuk memulai hari Anda,” lanjutnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif