(Foto: News.com.au)
(Foto: News.com.au)

Musik Memicu Semangat Berolahraga

Rona tips kesehatan
Sri Yanti Nainggolan • 15 Februari 2017 16:41
medcom.id, Jakarta: Sebuah studi mengungkapkan bahwa menggunakan musik dalam program olahraga dapat memberikan peningkatan dalam beberapa hal, seperti perpindahan, koordinasi, dan konsentrasi serta menurunkan kecemasan dalam situasi sosial.
 
Menurut psikolog Kirrilie Smout dalam penelitian terhadap anak-anak, musik yang didengarkan selama berolahraga menginspirasi mereka untuk berolahraga lebih sering dan intens.
 
"Secara keseluruhan, musik membuat rasa cemas berkurang, lebih terhubung dengan yang lain, lebih energik, dan lebih santai," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Musik dan olahraga adalah ide yang bagus dimana anak-anak perlu olahraga untuk sehat, dan yang dibutuhkan untuk mencapainya adalah hal yang positif.
 
Pengalaman positif terkait musik dalam olahraga dirasakan oleh Ric McDonald, guru dari Hawthorndene Primary School. Delapan tahun lalu, ia menggunakan program Exercise To Music (ETM) pada murid kelas 6 dan 7.
 
Saat pertama kali dibuka, ia memilih 28 murid untuk mengikuti program tersebut. Setelah setahun, jumlah pendaftar meningkat menjadi 35-60 murid dengan presentase 90 persen anak perempuan dan 10 persen anak laki-laki. Angka tersebut terus meningkat.
 
Mereka yang dipilih melakukan olahraga tingkat tinggi dimana para murid tersebut melakukan rutinitas menari hingga 30 hari. Mereka juga melakukan sesi praktek dan koreografi.
 
"Mereka berolahraga secara rutin 30 hari dan ide tersebut terus berkembang hingga pada akhir program, anak-anal bisa melakukan pertunjukan di acara sekolah," terangnya.
 
Salah satu peserta ETM, Eva (12) mengaku bahwa intensitas olahraganya meningkat dengan ia merasa senang saat berolahraga, terutama bila lagu kesukaannya diputar.
 
"Saya suka menari dan sata senang tim saya bisa melakukan pertunjukan di sekolah lain juga," pungkasnya.
 
 
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif