Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi keringat saat tidur. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi keringat saat tidur. (Foto: Pexels.com)

4 Cara Mengatasi Tubuh yang Berkeringat Saat Tidur

Rona kesehatan
Raka Lestari • 24 Juni 2019 19:53
Saat tidur mungkin Anda merasakan banyak keringat. Anda bisa melakukan beberapa hal seperti mandi dengan menggunakan air dingin sebelum tidur dapat membuat Anda tetap merasa sejuk bahkan ketka cuaca panas. Matthew Ross dari The Slumber Yard memberi tahu Elite Daily bahwa mandi air dingin dapat menurunkan suhu tubuh Anda sebelum tidur.
 

 
Jakarta: Beberapa orang mungkin mengalami keringat berlebih saat tidur. Dan terkadang hal itu baru disadari ketika bagun tidur di pagi hari. Jika Anda memiliki kebiasaan berkeringat saat tidur, mungkin hal itu terjadi karena beberapa alasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut American Osteopathic Association, infeksi atau ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan Anda berkeringat saat tidur. Namun berkeringat saat tidur pada umumnya tidak perlu dikhawatirkan kerena mungkin saja terjadi suhu ruangan yang panas atau habis makan makanan pedas.
 
Apapun penyebabnya, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi keringat saat tidur:

1. Usahakan menjaga suhu kamar tetap dingin

Lingkungan Anda adalah faktor yang sangat besar menyebabkan Anda berkeringat. "Langkah pertama adalah menjaga kamar Anda tetap dingin," kata Bill Fish, pelatih ilmu tidur dari Tuck.com kepada Elite Daily. "Saya sarankan menjaga kamar antara 20 derajat dan 21 derajat celsius."
 
4 Cara Mengatasi Tubuh yang Berkeringat Saat Tidur
(Mandir sebelum tidur bisa jadi tips ampuh agar Anda tidak keringatan saat tidur. Foto: Pexels.com)

2. Perhatikan tempat tidur Anda

"Kasur yang menggunakan sistem per atau sistem innerspring memungkinkan aliran udara terbanyak, sedangkan kasur busa cenderung membuat Anda merasa sedikit panas," jelas Fish. Bahan yang digunakan pada kasur Anda sangat penting untuk Anda perhatikan. Jika Anda merasa kasur Anda membuat Anda merasa panas, pindah ke tempat yang lebih dingin. Tapi jika lantai pilihan Anda, cobalah lapisi agar tak terlalu dingin.

3. Gunakan pakaian tidur yang nyaman

"Anda juga harus menggunakan pakaian yang nyaman dengan sirkulasi udara yang baik," kata Fish. "Pakaian katun cenderung memerangkap panas, sedangkan beberapa pilihan seperti sutra atau serat bambu dapat membuat Anda merasa lebih dingin." Fish juga mengatakan tidur telanjang memungkinkan proses termoregulasi alami tubuh Anda terjadi tanpa semua pakaian yang menghalangi.

4. Mandi air dingin sebelum tidur

Tidak hanya ini merupakan kebiasaan sebelum tidur yang baik, namun mandi dengan menggunakan air dingin sebelum tidur dapat membuat Anda tetap merasa sejuk bahkan ketka cuaca panas.
 
Matthew Ross dari The Slumber Yard memberi tahu Elite Daily bahwa mandi air dingin dapat menurunkan suhu tubuh Anda sebelum tidur, yang dapat membantu Anda mencegah berkeringat dan membantu Anda tidur lebih cepat.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif