(Foto: Livestrong)
(Foto: Livestrong)

Selain Ubi, Empat Makanan Ini Bantu Menyehatkan Usus

Rona kesehatan pencernaan
Raka Lestari • 20 September 2018 16:32
Jakarta: Kesehatan usus tidak kalah penting dengan kesehatan bagian tubuh lainnya. Usus memiliki peranan penting dalam pembentukkan sistem kekebalan tubuh. Maka jangan heran jika kesehatan Anda ikut bermasalah jika usus mengalami gangguan.
 
Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan usus adalah dengan memilih makanan yang tepat dan sehat untuk pencernaan. 
 
1. Asparagus

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Reader Digest, asparagus mengandung serat prebiotik yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk bakteri baik di saluran pencernaan.
 
"Prebiotik, yang ditemukan dalam makanan berserat tinggi lainnya berbeda dari probiotik, yang merupakan bakteri itu sendiri," jelas Mike Roussell, PhD, salah satu pendiri Neuro Coffee.   
 
Probiotik membutuhkan makanan sehat yang bermanfaat untuk dimakan ketika mereka berada di perut, dan prebiotik bertindak sebagai sumber makanan yang terpercaya.
 
2. Bluberi
 
Bluberi, delima, dan bit adalah sumber makanan yng tinggi antioksidan anthocyanin. "Anthocyanin tidak begitu baik diserap di saluran pencernaan, tetapi diserap dengan baik oleh bakteri baik dalam usus," kata Roussell. 
 
3. Alpukat
 
Alpukat tidak hanya baik untuk jantung karena kandungan lemak tak jenuhnya. Ahli usus dan praktisi obat fungsional Inna Lukyanovsky menjelaskan bahwa alpukat dapat meningkatkan butirat, asam lemak sehat dalam sistem pencernaan yang dapat membantu meredakan peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa butirat sangat bermanfaat untuk kesehatan usus. 
 
4. Bawang
 
Sama seperti asparagus, bawang merupakan sumber utama prebiotik. Daun bawang juga memiliki efek positif bagi kesehatan usus. Bawang dicerna sangat lambat, dan serat yang tertinggal akan menjadi makanan yang baik bagi bakteri usus.
 
5. Ubi manis
 
Kandungan serat yang tinggi dalam ubi manis atau ubi ungu dapat bermanfaat bagi probiotik yang ada di perut. Ubi-ubian ini dapat dicerna dalam waktu yang lama di perut sehingga memberikan bakteri baik makanan untuk membantu mereka melawan bakteri jahat di usus. 
 

Lihat video:
 

 

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif