NEWSTICKER
Lakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama dalam hal penggunaan air bersih, cuci tangan dengan air bersih dan sabun untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. (Foto: Pexels.com)
Lakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama dalam hal penggunaan air bersih, cuci tangan dengan air bersih dan sabun untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. (Foto: Pexels.com)

Flu dan Penyakit Lain di Musim Hujan

Rona banjir jakarta influenza
Yatin Suleha • 25 Februari 2020 12:00
Jakarta: Saat musim hujan tak jarang Anda mengalami flu. Lebih tidak menguntungkan lagi jika selantai kantor Anda mengalami flu, pilek, dan batuk yang dialami beberapa orang berbarengan.
 
Salah satu yang dialami oleh seorang karyawati di Jakarta Barat, Yuni ia mengaku saat ini mengalami demam dan batuk sudah satu minggu. Sebelumnya dialami rekan kerja yang duduk di sebelahnya. 
 
"Biasa seperti ini, kalau ada satu yang kena flu, pilek, batuk, nular deh ke temen-temen yang lain. Padahal saya jaga kesehatan banget seperti makan buah, minum vitamin, makan sayur tapi sepertinya jika lingkungan sekitar kurang mendukung, bisa tumbang juga," akunya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Senior Advisor Acting Director Communicable Diseases World Health Organization South East Asia Regional Office WHO SEARO mengatakan beberapa penyakit yang perlu diwaspadai selama musim penghujan adalah penyakit akibat virus seperti influenza, diare, penyakit akibat bakteri dan parasit.
 
Seperti tertera dalam rilis di Kemkes.go.id, Prof. Tjandra menambahkan terutama pada daerah yang airnya meluap sehingga bakteri dan parasit dari septic tank dan kotoran hewan terangkat dan hanyut kemudian mengkontaminasi air, bahan pangan, atau menginfeksi langsung manusia, seperti diare, disentri, kecacingan, leptospirosis, penyakit akibat jamur terutama akibat kelembapan pada pakaian.
 
Termasuk juga penyakit tidak menular seperti asma, rhinitis, perburukan penyakit kronik, dan penyakit demam berdarah, karena meningkatnya tempat perindukan nyamuk.
 
"Pada peralihan musim penghujan ke musim kemarau perlu diwaspadai penyakit demam berdarah. Pada masa ini, populasi nyamuk demam berdarah meningkat karena banyaknya tempat perindukan," terang Prof. Tjandra.
 
Sebagai antisipasi dengan datangnya musim penghujan, Kementerian Kesehatan melakukan upaya yaitu meningkatkan promosi kesehatan kepada masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama dalam hal penggunaan air bersih, cuci tangan dengan air bersih dan sabun, penggunaan jamban sehat dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif