Suasana Seminar Media
Suasana Seminar Media "Vitiligo Munculnya Si Putih yang Tidak Diharapkan" di Jakarta, Rabu, 20 November 2019. (Medcom.id/Kumara Anggita).

Ini cara Mengetahui Munculnya Vitiligo

Rona kesehatan kulit
Kumara Anggita • 20 November 2019 18:09
Jakarta: Ketika Anda melihat bercak putih di sekitar kulit, jangan langsung berkonklusi itu adalah vitiligo. Begini penjelasannya oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dian Pratiwi.
 
"Ada bercak putih di kulit seperti susu. Di atas bercak itu tidak ada apa-apa lagi. Tidak ada merah-merah, tidak ada bruntus-bruntus. Polos seperti susu. Apabila ada seperti itu. Itu adalah salah satu deteksi dini. Mungkin Vitiligo. Untuk memastikan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin," ujarnya dalam Seminar Media "Vitiligo Munculnya Si Putih yang Tidak Diharapkan" di Jakarta, Rabu, 20 November 2019.
 
Bercak ini dapat muncul di bagian kulit mana saja. Umumnya di kulit yang paling sering terpapar matahari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Luas dan keparahan kehilangan warna kulit dari vitiligo tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi di bagian mana pun dari kulit tubuh, termasuk juga rambut dan selaput lendir misalnya bagian dalam mulut," terangnya.
 
Dia menambahkan, warna kulit dan rambut ditentukan oleh melanin, vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin yaitu melanosit mati atau berhenti berfungsi. "Biasanya, perubahan warna pertama kali terlihat pada area yang terpapar sinar matahari seperti tangan, kaki, lengan, wajah, dan bibir," ungkapnya.
 
Penyakit vitiligo bisa diobati bila pasien melakukannya dengan disipilin. Hasilnya tidak akan masimal jika pasien tidak berobat teratur.
 
"Kadang ada saja pasien yang menghilang di tengah proses pengobatan dan hal itu sangak disayangkan. Menjalanj proses terapi virtiligo memang perlu kesabaran karena lamanya pengobatan tidak bisa ditentukan," ujar CEO Klinim Pramudia, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Anthony Handoko.
 
Dokter Anthony juga menekan bahwa penyakit ini tak bisa sembuh total. "Pada dasarnya, hasil terapi vitiligo ini bukanlah cure. Namun, pengobatan bisa dikatakan berhasil jika melanin dapat berfungsi kembali sebagai pigmen kulit gelap. Serta mampu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya," ujarnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif