Usia konsumen perempuan meminum alkohol ternyata menentukan risiko kanker payudara. (Foto Ilustrasi: Bruce Mars/Pexels)
Usia konsumen perempuan meminum alkohol ternyata menentukan risiko kanker payudara. (Foto Ilustrasi: Bruce Mars/Pexels)

Mengonsumsi Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Rona minuman beralkohol kanker payudara
Dhaifurrakhman Abas • 30 Mei 2019 21:08
Setiap perempuan memiliki risiko mengembangkan kanker payudara setiap saat,  risiko yang sangat tinggi terjadi saat masa pubertas dan kehamilan.
 
Jakarta: Kanker payudara masih menjadi momok menakutkan. Pasalnya, kanker ini merupakan yang paling sering didiagnosis pada perempuan di Indonesia.
 
Sesuai laporan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 17 dari setiap 100 ribu perempuan Indonesia meninggal akibat kanker payudara. Bahkan serangan penyakit tesrsebut kini tak lagi memandang usia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mencatat kanker payudara kini bisa menyerang perempuan muda berusia 15 tahun. Hal ini berbeda dengan beberapa dekade lalu yang banyak menimpa perempuan usia 40 tahun ke atas.
 
Dalam situasi seperti itu, kesadaran dan perawatan diri pada usia muda sangat penting untuk melindungi diri dari penyakit mematikan ini. Salah satunya dengan tidak mengonsumsi alkohol, khususnya saat berusia muda.
 
Sebabnya, sel-sel payudara pada perempuan mengalami perubahan cepat dari masa remaja hingga kehamilan pertama. Begitupun sel-sel kanker.
 
Meskipun setiap perempuan memiliki risiko mengembangkan kanker payudara setiap saat,  risiko yang sangat tinggi terjadi saat masa pubertas dan kehamilan. Pasca kehamilan, jaringan payudara mengalami banyak perubahan biologis yang membuatnya sedikit kebal terhadap sel kanker.
 
Sementara itu, menurut laporan dari American Society of Clinical Oncology, kanker payudara berhubungan langsung dengan asupan alkohol. Sesuai teori yang ada, alkohol memengaruhi sirkulasi reseptor estrogen dan estrogen dalam sel-sel payudara.
 
Zat metabolisme dalam alkohol juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tumor payudara. Sehingga, jika seseorang sering mengonsumsi alkohol sebelum usia 30 tahun, maka kemungkinan berkembangnya sel penyebab kanker sangat tinggi.
 
Beberapa studi, seperti yang diterbitkan oleh Ying Liu, MD, dan rekannya juga menyarankan bahwa minum alkohol setiap hari sebelum kehamilan pertama Anda dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara dari 7 hingga 10 persen. Studi ini mengatakan bahwa tidak hanya usia, tetapi jumlah alkohol yang dikonsumsi juga menengaruhi tingkat risiko.
 
Pemenuhan Nutrisi Cegah Faktor "U"

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif